Profile
Health A-Z

Kenapa saya sering bersin-bersin ?

Kenapa saya sering bersin-bersin ?
Jakarta

Selamat siang Dok , saya mau tanya . Kenapa saya sering bersin - bersin padahal saya tidak terkena flu . Sering saat baru bangun tidur saya langsung bersin - bersin, terkadang bersinnya langsung berhenti tapi terkadang sampai seharian saya bersin - bersin Dok . Dan saat saya lagi tidak melakukan aktivitas apapun saya sering bersin - bersin . Bersin - bersin saya itu karena apa ya Dok ? Apakah itu karena terkena virus atau karena alergi ? Terima kasih

Answers

3 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Kemungkinan besar anda mengalami rhinitis alergi. “Rhinitis” adalah kondisi peradangan di rongga hidung. Ciri-cirinya yaitu : bersin, hidung tersumbat, rasa gatal di hidung, dan keluarnya lendir dari hidung. Mata, telinga, organ sinus, dan tenggorokan juga dapat ikut mengalami keluhan. Penderita umumnya mengeluhkan gejala seperti ini terjadi di pagi hari. Sebagian besar rhinitis disebabkan oleh adanya faktor alergi (Rhinitis alergi).
    Rhinitis alergi merupakan suatu bentuk rhinitis yang sering terjadi dan biasa ditemukan sehari-hari (terjadi pada kira-kira pada 20 % populasi penduduk di Amerika Serikat). Penanganannya mencakup 3 hal, yaitu :
    1. Hindari pencetus alergi yang sudah anda ketahui seperti : debu, bulu binatang tertentu, serbuk sari tanaman, serangga dll.
    2. Obat-obatan : kondisi seperti ini biasanya dikendalikan dengan obat-obatan golongan anti-histamin dan dekongestan. Sebelum menggunakan obat-obatan tersebut sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.
    3. Imunoterapi : Jenis terapi ini digunakan pada kondisi rhinitis alergi yang membandel dan sulit dikendalikan dengan obat. Tujuan terapi ini adalah mengurangi sensitifitas (de-sensitifikasi) terhadap faktor pencetus alergi.

    Semoga membantu. Terima kasih.

  • dok, kenapa sayang sering bersin di pagi hari dan apabila terkena debu hingga hidung tersumbat dan keluar ingus air. apakah itu merupakan sinus?

  • Selamat pagi,

    Kemungkinan besar Anda mengalami Rhinitis alergi yaitu peradangan atau inflamasi yang terjadi pada hidung akibat reaksi alergi. Gejalanya antara lain hidung gatal, bersin-bersin, hidung meler dan tersumbat atau pilek.

    Alergi pada rhinitis alergi dapat disebabkan oleh debu, bulu binatang, serbuk sari dan lain-lain atau bisa juga diperparah oleh cuaca yang dingin atau lingkungan dingin sehingga sering kali kita jumpai bersin-bersin pada pagi hari.

    Ciri khas dari pilek alergi ini (Rinitis alergi) yaitu gejala pilek akan muncul ketika seseorang terpapar dengan alergen tertentu misalkan ketika terpapar debu seseorang menjadi bersin-bersin hidung tersumbat dan meler.

    Rhinitis alergi yang berlangsung lama atau sering kambuh dapat menyebabkan komplikasi antara lain sinusitis. Sinusitis adalah suatu peradangan pada rongga sinus, biasanya disertai penimbunan mukus yang kemudian menyebabkan kesulitan nafas dan bahkan nyeri di daerah wajah.

    Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan kedokter untuk mengetahui penyebab dan mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan melakukan wawancara medis tentang riwayat penyakit Anda, pemeriksan fisis pada hidung dan pemeriksaan penunjang bila dibutuhkan.

    Untuk tambahan informasi, silahkan buka link berikut :
    http://meetdoctor.com/topic/sinusitis
    http://meetdoctor.com/article/rhinitis-alergi-kenali-gejalanya

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.
    Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Health A-Z ?
Ask Doctor
10 Aplikasi Ponsel Ini Membantu Anda Hidup Sehat 10 Aplikasi Ponsel Ini Membantu Anda Hidup Sehat 10 Aplikasi Ponsel Ini Membantu Anda Hidup Sehat 10 Aplikasi Ponsel Ini Membantu Anda Hidup Sehat