Profile
Kesehatan Wanita

kenapa saya telat haid

kenapa saya telat haid
Indonesia

kenapa saya bisa telat haid sampai hampir 2 bulan? padahal saya melakukan hubungan intim menggunakan alat pengaman. apakah saya hamil atau ada penyakit? tapi saat saya tes dengan test pack hasilnya negatif. dan beberapa hari ini saya merasakan gejala haid seperti dada sakit dan kepala pusing, tapi saya belum haid juga. mohon jawabannya

Answers

4 answers

  • Selamat malam,
    bila anda sudah melakukan test pack dan hasilnya negatif, sebaiknya periksakan diri anda ke dokter kandungan untuk memastikan dengan menggunakan USG dan melihat ketebalan endometrium anda, terlebih bila anda baru pertama kali mengalami siklus yang tidak lancar.

    Perlu diingat pula faktor stress pikiran terkadang juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi anda.

    semoga membantu

  • tapi USG itu kan mahal, saya tidak ada biaya.

    siklus haid saya memang tidak lancar, tp tidak pernah telat sampai hampir 2 bulan dok

  • bila siklus haid anda selama ini tidak teratur sebaiknya memang melakukan konsultasi dan dilakukan pemeriksaan fisik dahulu dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya,agar pengobatannya sesuai dengan kondisi anda.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore

    Siklus menstruasi adalah serangkaian perubahan tubuh wanita yang terjadi sebagai bentuk persiapan tubuh terhadap kehamilan. Sekitar sebulan sekali, tumbuh lapisan baru (endometrium) pada rahim untuk dibuahi sel telur.

    Ketika tidak ada sel telur yang dibuahi, lapisan rahim tersebut akan luruh. Inilah yang disebut dengan menstruasi. Umumnya, siklus menstruasi terjadi dalam rentang waktu 28 hari, tapi ada juga orang yang mengalami rentang siklus menstruasi selama 21 hari.

    Penyebab Siklus Menstruasi tidak teratur biasanya karena:

    Stres
    Saat stres, tubuh akan menurunkan jumlah hormon gonadotropin-releasing hormone agonist (GnRH) yang bisa menyebabkan terlambat haid. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter supaya mendapatkan solusi mengatasi stres agar menstruasi kembali teratur.

    Sakit
    Penyakit adalah penyebab terlambat haid. Anda tidak perlu khawatir karena hal ini biasanya bersifat sementara saja dan siklus menstruasi akan kembali normal saat Anda sembuh. Namun, jika menstruasi tetap tidak teratur padahal Anda sehat, segera hubungi dokter.

    berikut artikel yang berhubungan dengan keluhan anda.
    http://meetdoctor.com/article/alasan-absen-haid

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Terapi Alergi Kacang: Semakin Dini, Semakin Baik Terapi Alergi Kacang: Semakin Dini, Semakin Baik Waktu Tidur Ideal Sesuai Usia Anda Waktu Tidur Ideal Sesuai Usia Anda