Profile
Asma

kenapa selalu sesak nafas pada malam hari?

kenapa selalu sesak nafas pada malam hari?
Cianjur

sy umur 19thn, karyawan swasta, tiap hari kerja di ruangan berAC dan tiap malam jg stiap mau tidur sy selalu sesak nafas, sy selalu membalurnya pakai minyak kayu puti, lalu pakai selimut, dan maaf slalu banyak keluar gas skaligus kringat dingin. apakah itu masuk angin? masuk angin biasa atau gimana dok? stelah banyak kluar gas, sy baru bisa merasakan nyaman bernafas lg. rasanya itu sesak, seperti ada lendir di hidung dan tenggorokan yg menghalangi nafas, dan dada sy sesak sekali. harus gimana ya ook cara mengobatinya? terimakasih

Answers

5 answers

  • Selamat pagi,

    Sudah berapa lama anda mengalami hal ini? Apakah saat sesak muncul, nafas anda mengeluarkan bunyi 'ngik'? Apakah ada riwayat asma atau alergi pada anda ataupun keluarga?

    Harus dipastikan dahulu apakah ada kelainan pada paru-paru. Ataukah disebabkan hal lain sseperti GERD / refluks dari asam lambung saja.

    Lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat. Karena jika hal ini berlangsung terus menerus akan mengganggu kualitas tidur anda sehingga anda mudah lelah dan mengantuk saat pagi dan siang hari.

  • tidak ada bunyi itu, dan tidak ada faktor kturunan dok. sy sudah memeriksanya k dokter terdekat, beliau bilang sy alergi, dan apabila sdh beres minum obat sampai selesai tp masih sering sesak itu berarti KP saya kambuh dok, dulu sy pernah mengalami KP selama 1,5 tahun saat duduk di bangku kls 3 sd.

  • dr. Hardianto Setiawan Ong, SpPD dr. Hardianto Setiawan Ong, SpPD Penyakit Dalam (Dokter Internis)

    Mungkin anda mengalami GERD yaitu asam lambung meningkat yang menimbulkan regurgitasi ke arah mulut melalui oesophagus sehingga menimbulkan sensasi sesak, panas dan sendawa. Beberpa hal yang perlu diperhatikan untuk mengatasi: jangan makanterlalu banyak, hindari baring sesudah makan, tidur dg bantal lebih tinggi, minum yang cukup, bila masih minum antasid . Bila berlanjut periksakan ke dokter internis. Dr Hardianto

  • saya umur 16 thun,, knpa stiap malam sya sring mrasakan sesak nafas,, dan ssah tidur ktika malam hari

  • dr. Deffy Leksani dr. Deffy Leksani Dokter Umum

    Hallo, Selamat Pagi.

    Sesak merupakan masalah yang sering menghawatirkan penderitanya. Akan tetapi sesak dapat terjadi karena beberapa hal, bukan hanya masalah paru seperti asma atau masalah jantung. Berikut beberapa penyebab dari sesak:

    - Pilek
    - Alergi
    - Asma
    - Sinusitis
    - TBC
    - Masalah lambung
    - Masalah jantung

    Dari sekian banyak penyebab sesak, masalah lambung tergolong penyebab sesak yang sangat sering. Orang sering beranggapan bahwa masalah lambung menyebabkan gejala kembung, mual, muntah, perih ulu hati, bersendawa, dsb. Akan tetapi masalah lambung dapat juga menyebabkan sesak.

    Untuk memastikan masalah yang Anda alami, segera lah berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam agar mendapat pemeriksaan dan penatalaksanaan yang lebih lanjut. Pemeriksaan seperti tes darah, USG, rontgen dada, hingga endoskopi kemungkinan akan dilakukan kepada Anda untuk membantu diagnosa. Berikut beberapa tips untuk Anda:

    - Jangan telat makan
    - Konsumsi obat pelindung lambung
    - Jangan makan pedas, asam, dan berlemak
    -- Jangan minum minuman keras, kopi, teh, dan soda
    - Jangan merokok
    - Kendalikan stres dengan melakukan yoga atau meditasi
    - Olahraga rutin

    Sebagai tambahan informasi untuk anda, dapat dibuka link berikut ini : http://meetdoctor.com/article/mengenal-gastritis

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Asma ?
Ask Doctor
Pro dan Kontra Bekam Pro dan Kontra Bekam Terapi Alergi Kacang: Semakin Dini, Semakin Baik Terapi Alergi Kacang: Semakin Dini, Semakin Baik