x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
kenapa sering merasakan sakit di perut dan merasa mual?
on 19 Jun 2012

selamat pagi..
saya mau tanya. belakangan ini tubuh saya sering sakit. keluhannya sering merasakan sakit diperut, seperti mulas2, kadang sakitnya seperti sedang datang bulan. padahal sedang tidak dalam masa haid.
dan akhir-akhir ini saya jadi sering mual dan saya jadi tidak nafsu makan. makan nasi terasa mual. bahkan minum air putih juga merasakan mual. karena itu saya jadi malas makan karena takut muntah.
saya memang punya penyakit maag. apa itu ada kaitanya juga dengan maag atau memang ada penyakit lain ya??
tolong penjelasannya dokter saya harus bagaimana dan makan apa saja?

bani kinananh
Indonesia

3 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Selamat pagi,

Penyakit maag/gastritis yang sebelumnya pernah anda derita dapat menyebabkan gejala seperti di atas, walaupun juga tidak menutup kemungkinan adanya masalah selain di saluran pencernaan.

Untuk sementara, konsumsilah air putih hangat sedikit demi sedikit. Untuk makanan, cobalah makan makanan lunak seperti bubur dalam jumlah yang sedikit namun sering. Ramuan tradisional yang mengandung jahe (ginger) terkadang dapat membantu. Pengobatan sederhana yang dapat anda minum adalah obat-obatan antasida berupa tablet atau syrup yang dijual bebas di pasaran.

Apabila tidak membantu, maka saya menyarankan untuk memeriksakan diri anda ke dokter untuk mendapatkan pengobatan dan pemeriksaan yang lebih mendetail.

Demikian, semoga membantu. Terima kasih.

1 Thanks
on 19 Jun 2012
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Surabaya

Saran saya ibu bisa USG Abdomen/perut dahulu. Kemudian nanti ibu bisa periksa ke dokter Penyakit dalam/internist, krn melihat kasusnya kemungkinan bukan gangguan di kandungan

1 Thanks
on 19 Jun 2012

terima kasih dokter sarannya..

Say Thanks
on 19 Jun 2012
in partnership with