Profile
Hyperhidrosis (Keringat Berlebih)

kenapa telapak kaki dan tangan saya sering mengeluarkan keringat ?

kenapa telapak kaki dan tangan saya sering mengeluarkan keringat ?
Tanjung Pinang

kenapa telapak kaki dan tangan saya sering mengeluarkan keringat ?

Answers

1 answers

  • Selamat siang!

    Anda mengalami keringat berlebih atau hiperhidrosis ? Keringat adalah proses alami yang dialami tubuh sebagai mekanisme untuk mendinginkan tubuh. Keringat dipicu oleh sistem saraf yang merangsang kelenjar keringat untuk meproduksi keringat ketika suhu tubuh mengalami peningkatan.

    Ketika seseorang terus-menerus mengeluarkan keringat walaupun suhu tubuh tidak mengalami peningkatan, kondisi ini dikenal dengan local hiperhidrosis. Pada penderita keringat berlebih atau hiperhidrosis, bagian tubuh yang dapat mengeluarkan keringat secara berlebih berada pada bagian telapak tangan, telapak kaki, ketiak, wajah, kening, hidung, serta lipatan bibir bagian atas. Orang dengan hiperhidrosis mempunyai saraf yang aktif dalam mendinginkan tubuh walaupun tidak diperlukan sehingga timbul keringat berlebih.

    Penyebab munculnya hyperhidrosis atau keringat berlebih cukup beragam, beberapa di antaranya adalah :
    Adanya konsumsi terhadap obat-obatan tertentu
    Memasuki masa menopause
    Kadar gula darah yang rendah
    Kelenjar tiroid yang aktif secara berlebihan
    Serangan jantung
    Stres atau rasa panik
    Adanya keringat berlebih ini tentunya cukup mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama menyangkut masalah penampilan. Pada wanita yang menggunakan make up misalnya, keringat yang sebentar-sebentar muncul dapat merusak make up.

    Pada penderita keringat berlebih ini, dapat dilakukan berbagai penanganan untuk meminimalisir produksi keringat. Penderita dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan antiperspirant. Terdapat juga penyuntikan Botolinum Toxin atau yang disingkat botox, yang ternyata mampu memblokir saraf yang membuat kelenjar keringat super aktif.

    Cara lain yang disarankan untuk diambil sebagai pilihan terakhir adalah dengan melakukan pembedahan. Pembedahan ini akan melibatkan liposuction agar kelenjar keringat diangkat melalui teknik sayatan kecil. Dengan demikian, penderita keringat berlebih mempunyai kadar keringat yang lebih terkontrol.

    Untuk informasi lebih lengkap, dapat Anda simak pada link berikut : http://meetdoctor.com/mobile/topic/hyperhidrosis-keringat-berlebih

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Hyperhidrosis (Keringat Berlebih) ?
Ask Doctor

Popular Article

Wanita lebih berisiko terkena osteoporosis dibanding pria. Apalagi usia di atas 50 tahun. Berikut makanan sehat untuk tulang yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari. Makanan Sehat Untuk Perkuat Tulang Cara mengencangkan payudara secara alami? Wanita pasti menginginkan payudaranya berbentuk bagus dan sempurna. Simak caranya di sini. Cara Mengencangkan Payudara