Profile
Infeksi Saluran Kencing

kencing terus menerus

kencing terus menerus
Pasuruan

askum nma sya siska saya mengalami kencing terus menerus ini suda 3 bulanan ,saya takut tidak bisa sembu karna zmpai sekarang masih mengalami kencing terus menerus pling lama 10 menit,kira2 apa solusinya dok u/ penyakit saya??? mohon di jawab waskum

Answers

4 answers

  • dr. Nurhayati dr. Nurhayati Dokter Umum

    bila kencing terus menerus tapi krn minum terus itu hal yg normal,yg jadi masalah bila kencing terus tanpa minum dan ada keluhan lain seperti sakit pinggang atau nyeri setelah kencing


    ________________________________

  • dok dulu saya tidak seperty ini mungkikah karna sya tlah berhubungan badan??? saya tersiksa dengan kondisi yang seperty ini,saya pgen sembu. saya kira ini tidak lazim karna rasanya ckit di ats daera v saya kayak di tekan

  • assalamualaikum.wrb...
    dok saya wanit yg sudah menikah dan mempunyai 1 orang anak,saya mau tanya sudah tiga hari ini saya sering kencing terus menerus.hari pertama kencing terus tetapi seperti tidak tuntas /anyang-anyang sampai seharian hari kedua masih tetap sama tapi jumlah urine makin banyak serta kencing makin sering sampai2 saya pake pampers dewasa karena intensitas kencing yg terlalu sering dan jarak pengen kencing yg keseringan juga.hari ketiga masih tetap sama dgn jumlah urine yg normal tetapi setelah kencing ada sensasi seperti kalau di gatal langsung dgaruk( ENAK GITU ) .selama tiga hari ini selama keseringan kencing saya tidak merasakan sakit apapun di daerah pinggang , organ intim saya atau d area perut bawah.bersamaan dg keseringan kencing kenapa puting payudara saya sakit/ ngilu serta gatal2 di area tsb.tetapi setelah hari ke 3 payudara saya kembali normal,malah setelah saya test pack hasilnya negatif karena haid saya masih lama sekitar tgl 11 juni nanti.yg mau saya tanyakan apakah saya terkena infeksi saluran kencing atau apakah ini tanda2 gejala kehamilan sebelum telat haid?mohon dijawab terimakasih...

  • Selamat sore Ibu Chika

    Berikut adalah beberapa kondisi yang menyebabkan seringnya buang air kecil serta gejala lain yang mungkin menyertai.

    - Infeksi saluran kemih. Ingin selalu buang air kecil yang tidak dapat ditahan serta diiringi demam dan rasa tidak nyaman atau nyeri pada area perut dapat menjadi pertanda infeksi saluran kemih.
    - Kandung kemih terlalu aktif (overactive bladder). Kondisi di mana otot kandung kemih berkontraksi tiba-tiba secara tidak terkontrol sehingga menyebabkan keinginan untuk buang air kencing walaupun kandung kemih belum penuh urine.
    - Infeksi ginjal. Selain sering buang air kecil, gejalanya antara lain sakit punggung, sakit pada pangkal paha, mual, muntah, diare, demam, serta gemetaran.
    - Batu ginjal. Ini merupakan batu mineral yang terbentuk di dalam kandung kemih ketika urine terkonsentrasi. Gejala lainnya adalah kencing yang keluar sedikit-sedikit disertai rasa nyeri, bangun tidur di malam hari untuk kencing, sakit pada perut bagian bawah, terdapat darah pada urine atau warna urine berubah gelap maupun keruh.
    - Kehamilan. Pada awal kehamilan, uterus akan tumbuh dan menekan kandung kemih, sehingga menyebabkan sering buang air kecil.
    - Diabetes. Sering buang air kecil dengan jumlah urine yang tidak normal seringkali merupakan gejala diabetes. Hal ini disebabkan karena tubuh berusaha membersihkan glukosa yang tidak terpakai di darah melalui urine.
    - Mengonsumsi obat-obatan diuretik, yaitu obat untuk tekanan darah tinggi atau penimbunan cairan di ginjal. Obat ini akan membuang cairan berlebih di dalam tubuh, mengakibatkan keinginan buang air kecil secara terus menerus.
    - Stroke atau penyakit saraf. Kerusakan pada saraf yang berkaitan dengan fungsi kandung kemih dapat memicu seringnya buang air kecil.
    - Divertikulitis atau peradangan pada dinding usus besar. Gejalanya yaitu rasa nyeri yang berawal dari pusar dan bergerak ke perut bagian bawah, demam, sering buang air kecil yang disertai rasa nyeri saat kencing, dan pendarahan dari dubur.
    - Faktor psikologis. Salah satunya adalah kecemasan berlebihan yang berlangsung lama. Misalnya kekhawatiran tentang keuangan, pekerjaan, sekolah, atau keluarga, tapi tidak dapat menjelaskan penyebabnya secara spesifik (gangguan cemas menyeluruh). Gejala selain sering buang air kecil yaitu jantung berdebar-debar, berkeringat, otot tegang, sulit tidur, mudah terkejut, mudah marah, sulit konsentrasi, gemetaran, mual, diare, sakit punggung, serta sakit kepala.

    Sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter spesialis urologi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga diketahui penyebab keluhan anda dan pengobatan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Infeksi Saluran Kencing ?
Ask Doctor

Popular Article

Hidrasi Kunci Pulihkan Flu Dengan Cepat Hidrasi Kunci Pulihkan Flu Dengan Cepat Salah Kaprah Pil KB yang Bisa Merugikan Salah Kaprah Pil KB yang Bisa Merugikan