Profile
Infeksi Saluran Kencing

Kencing tidak tuntas

Kencing tidak tuntas
Jakarta

Assalamualaikum, Dok saya mau tanya dah beberapa bulan tiap kencing tidak bisa tuntas, beberapa saat setelah kencing, air kencing akan keluar lagi dengan sendirinya meskipun hanya beberapa tetes, kemungkinan ada masalah dimana, & kalau mau konsultasi kerumah sakit di bagian apa ya?, terima kasih atas jawabannya.

Answers

3 answers

  • Selamat siang,
    ada kemungkinan adanya pengumpulan air seni di kandung kemih atau sumbatan di saluran kencingnya yang menyebabkan kencing tidak tuntas, untuk memastikannya silakan anda lakukan pemeriksaan dengan spesialis urologi.

    semoga membantu

  • iya saya juga sering buang air kecil terus menerus terus setiap 1 jam sekali terus diatas kemaluan saya dan ginjal saya terasa nyeri atau sakitt.saya juga udah periksa ke dokter dan saya juga udah tes urine hasilnya normal.tapi saya masih buang air kencing terus-menerus dan masih sakit di ginjal dan di atas kemaluan saya dok..jadi bagaimana cara mengatasinya agar tidak sakit.?
    terima kasih dok.mohon dengan sangat di berikan petunjuknya...agar saya tidak merasa sakit dan nyeri di ginjal dan di atas kemaluan saya

  • Selamat malam Mahardika

    Berikut adalah beberapa kondisi yang menyebabkan seringnya buang air kecil :

    - Infeksi saluran kemih. Ingin selalu buang air kecil yang tidak dapat ditahan serta diiringi demam dan rasa tidak nyaman atau nyeri pada area perut dapat menjadi pertanda infeksi saluran kemih.
    - Kandung kemih terlalu aktif (overactive bladder). Kondisi di mana otot kandung kemih berkontraksi tiba-tiba secara tidak terkontrol sehingga menyebabkan keinginan untuk buang air kencing walaupun kandung kemih belum penuh urine.
    - Infeksi ginjal. Selain sering buang air kecil, gejalanya antara lain sakit punggung, sakit pada pangkal paha, mual, muntah, diare, demam, serta gemetaran.
    - Batu ginjal. Ini merupakan batu mineral yang terbentuk di dalam kandung kemih ketika urine terkonsentrasi. Gejala lainnya adalah kencing yang keluar sedikit-sedikit disertai rasa nyeri, bangun tidur di malam hari untuk kencing, sakit pada perut bagian bawah, terdapat darah pada urine atau warna urine berubah gelap maupun keruh.
    - Diabetes. Sering buang air kecil dengan jumlah urine yang tidak normal seringkali merupakan gejala diabetes. Hal ini disebabkan karena tubuh berusaha membersihkan glukosa yang tidak terpakai di darah melalui urine.
    - Gangguan prostat. Pembesaran prostat dapat menekan uretra atau saluran kemih dan menutup aliran urine. Hal ini menyebabkan dinding kandung kemih mengalami iritasi. Akibatnya, kandung kemih menjadi mudah berkontraksi bahkan ketika hanya ada sedikit urine, sehingga sering muncul rasa ingin buang air kecil.
    - Mengonsumsi obat-obatan diuretik, yaitu obat untuk tekanan darah tinggi atau penimbunan cairan di ginjal. Obat ini akan membuang cairan berlebih di dalam tubuh, mengakibatkan keinginan buang air kecil secara terus menerus.
    - Stroke atau penyakit saraf. Kerusakan pada saraf yang berkaitan dengan fungsi kandung kemih dapat memicu seringnya buang air kecil.
    - Divertikulitis atau peradangan pada dinding usus besar. Gejalanya yaitu rasa nyeri yang berawal dari pusar dan bergerak ke perut bagian bawah, demam, sering buang air kecil yang disertai rasa nyeri saat kencing, dan pendarahan dari dubur.
    - Faktor psikologis. Salah satunya adalah kecemasan berlebihan yang berlangsung lama. Misalnya kekhawatiran tentang keuangan, pekerjaan, sekolah, atau keluarga, tapi tidak dapat menjelaskan penyebabnya secara spesifik (gangguan cemas menyeluruh).

    Sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter spesialis urologi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga diketahui penyebab keluhan anda dan pengobatan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Infeksi Saluran Kencing ?
Ask Doctor

Popular Article

4 Cara Alami dan Ampuh Samarkan Selulit 4 Cara Alami dan Ampuh Samarkan Selulit Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes dan Darah Tinggi Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes dan Darah Tinggi