Profile
Health A-Z

Kepala sebelah kiri terasa seperti kesemutan

Kepala sebelah kiri terasa seperti kesemutan
Yogyakarta

Kepala sebelah kiri saya terasa seperti kesemutan, kenapa demikian ya dok, atau mungkin gejala dari penyakit apa?

Answers

4 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Selamat siang,

    Apakah terdapat nyeri, atau hanya kesemutan saja ?

    Bila hanya terasa kesemutan atau baal saja, maka bisa jadi merupakan gangguan pada saraf perifer (nervus VII/ Bell's palsy). Hal ini terutama bila keluhan kesemutannya disertai kelemahan otot-otot wajah sebelah kiri.

    Untuk evaluasinya dibutuhkan pemeriksaan saraf oleh dokter. Apabila kesemutannya bertambah dan disertai dengan kurangnya kemampuan gerak otot wajah di sebelah kiri, maka segera periksakan ke dokter.

    Semoga membantu. Terima kasih.

  • Terimakasih Dr Janfrional

    Kesemutanya jarang dan seperti kesemutan ringan. Selama ini belum sampai berkurang kemampuan gerak otot wajah. atau mungkin ada pengaruhnya dengan tingginya kadar kolesterol saya dok?

    Terima kasih

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Hal bisa dipengaruhi oleh kadar kolesterol. Namun kemungkinannya kecil sekali, apalagi bila usia anda masih cukup muda.Kadar kolesterol yang tinggi baru signifikan apabila jumlahnya sudah lebih dari 260 mg / dL.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore,

    Beberapa penyebab dari adanya kondisi mati rasa dan kesemutan dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kondisi kesemutan ringan dan terjadi sehari-hari dan kondisi kesemutan yang terus-menerus terjadi dan merupakan indikasi dari adanya penyakit serius.

    Rasa kesemutan yang sering terjadi biasanya muncul apabila seseorang berada dalam satu posisi untuk waktu yang lama. Bagian tubuh yang tidak digerakkan dalam waktu yang lama ditambah dengan adanya beban yang dirasakan oleh anggota tubuh tertentu tersebut dapat memicu timbulnya kesemutan.

    Kesemutan juga merupakan pertanda bahwa adanya gangguan pada saraf yang ada di bagian tubuh yang merasakannya, bisa karena adanya tekanan atau penjepitan pada saraf. Posisi tidur maupun duduk yang menekan saraf anggota tubuh tertentu dapat menimbulkan kesemutan dari penjepitan yang terjadi.

    Selain kondisi bagian tubuh yang tertindih dalam waktu yang lama, kesemutan juga dapat menjadi gejala dari adanya kondisi medis yang lebih serius. Penyakit-penyakit yang dapat menyerang bagian saraf juga dapat mengakibatkan kesemutan yang terjadi secara terus-menerus. Penderita penyakit diabetes mellitus dan radang sendi (rheumatoid arthritis)cenderung juga menderita gangguan saraf tepi pada tangan, jari, atau kaki.

    Sementara itu, penyebab lain dari kesemutan yang lebih serius meliputi:
    1.Adanya gigitan serangga atau hewan lain.
    2.Adanya efek samping dari terapi radiasi.
    3.Kadar vitamin B12 yang tidak semestinya, atau vitamin, potasium, kalsium maupun sodium yang abnormal.
    4.Keracunan makanan laut.
    5.Aliran darah yang buruk pada area yang mengalami kesemutan.
    6.Cidera saraf leher.
    7.Tekanan pada saraf di area tubuh tertentu karena adanya luka, pembesaran pembuluh darah, infeksi atau tumor.
    8.Saraf pada tulang belakang mengalami hernia.
    9.Penyakit diabetes.
    10.Peradangan pada otak atau encephalitis.

    brikut artikel tentang keluhan anda
    http://meetdoctor.com/article/penyebab-kesemutan

    Terima Kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor, semoga jawaban yang diberikan bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Health A-Z ?
Ask Doctor
Makin Sering Wanita Berhubungan Seks, Makin Kuat Pula Daya Ingatnya Makin Sering Wanita Berhubungan Seks, Makin Kuat Pula Daya Ingatnya Makin Sering Wanita Berhubungan Seks, Makin Kuat Pula Daya Ingatnya Makin Sering Wanita Berhubungan Seks, Makin Kuat Pula Daya Ingatnya