Profile
Health A-Z

kepala terasa berat dan badan nyeri .

kepala terasa berat dan badan nyeri .
Jogja

dok, 3 hari yg lalu sy mengalami pusing yg hebat spy vertigo, berputar2, mual dan lemas. hingga sy tdk bs bangun dr tempat tdr dan jika sy memaksakan sy pst mual hebat. skg sdh memasuki hari ke 3 pusingnya sdh tdk terlalu mengkhawatirkan tp kepala sy masih berat, msh mual, badan terasa nyeri terutama pd bagian punggung dan terkadang suka lemas. sdh ke dr. spPD diksh vometa, pantazol 40, dramamine 50 mg dan vit imunos 2x sehari. pertanyaan sy, apa sy terkena vertigo dan apa penyebab vertigo? bagaimana cr memulihkan kondisi / apa ada penyebab penyakit lain yg berkaitan dgn kondisi sy. terima kasih dok...

Answers

4 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Selamat pagi,

    Memang betul anda terkena vertigo. Namun melihat pengobatan yang diberikan oleh dokter penyakit dalam, maka gejala yang lebih berat adalah gejala dyspesia / maag-nya. Pengobatan vertigo pun sudah diberikan melalui pemberian Dramamine 50 mg.

    Vertigo bisa diakibatkan oleh banyak penyebab. Untuk mengetahui penyebabnya diperukan pemeriksaan persarafan secara langsung oleh dokter. Terkadang apabila vertigonya berat dan terjadi berulang, maka diperlukan pemeriksaan MRI kepala. Sebagian besar penyebab vertigo adalah gangguan pada organ keseimbangan di daerah telinga dalam. Sebagian yang lain akibat gangguan keseimbangan yang berasal dari otak kecil (cerebellum).

    Semoga membantu. Terima kasih.

  • terima kasih utk jawabannya dok, tp ktnya vertigo bs jg menyebabkan CMV, apa benar? krn kondisi berat dikepala sy msh terasa begitu jg dgn mualnya.
    thanks

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Apakah yang anda maksudkan dengan CMV ? Apakah infeksi oleh cytomegalovirus ?

    Tidak ada hubungannya vertigo dengan infeksi Cytomegalovirus. Infeksi CMV gejalanya adalah demam disertai dengan radang tenggorokan.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,

    Vertigo adalah jenis sakit kepala yang membuat penderitanya merasa sedang berputar-putar dan kehilangan keseimbangan saat sedang berdiri atau berjalan. Vertigo dapat dipicu oleh hal yang sangat sederhana, misalnya, perubahan posisi kepala yang tiba-tiba, misalnya dari posisi tidur, langsung duduk.
    Vertigo sendiri dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

    - Vertigo sentral : akibat gangguan persarafan pada otak kecil (cerebellum)

    - Vertigo perifer : akibat gangguan pada sistem keseimbangan di organ telinga / tulang keseimbanagan (canalis semisirkualris)

    Untuk kasus membedakan kedua jenis vertigo diatas dibutuhkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan saraf untuk membedakan jenis vertigonya. Kedua golongan vertigo di atas pun, masih dapat dibagi-bagi lagi berdasarkan penyebab vertigonya.
    Serangan vertigo bisa bervariasi, mulai dari pusing yang ringan dan muncul secara berkala hingga yang parah dan berlangsung lama. Serangan yang parah bisa terus berlangsung selama beberapa hari sehingga penderitanya tidak bisa beraktivitas dengan normal.

    Gejala lain yang berhubungan dengan vertigo adalah kehilangan keseimbangan. Tanda-tanda ini akan memicu pengidap vertigo mengalami kesulitan berdiri atau berjalan, mual, muntah, berkeringat, kadang disertai nistagmus (gerakan mata yang tidak normal) dan pusing.

    Vertigo biasanya disebabkan oleh gangguan pada telinga bagian dalam. Gangguan ini akan memicu masalah mekanisme keseimbangan tubuh. Sementara penyebab umum lainnya meliputi:
    Vertigo Posisi Paroksismal Jinak atau istilah umumnya Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BBPV) – vertigo yang dipicu oleh perubahan posisi kepala tertentu.
    Migrain – sakit kepala tidak tertahankan.
    Penyakit Meniere – gangguan yang menyerang telinga bagian dalam.
    Vestibular neuronitis, yaitu inflamasi saraf vestibular pada telinga bagian dalam.
    Gangguan pada otak, misalnya tumor.
    Obat-obatan tertentu yang menyebabkan kerusakan telinga.
    Trauma atau luka di kepala dan leher.

    Vertigo sendiri termasuk gejala dan bukan penyakit. Karena itu, cara mengatasi vertigo tergantung pada penyakit yang menyebabkannya.

    Sebaiknya anda menghindari gerakan atau situasi yang memicu vertigo anda, bila setelah menghindari hal tersebut keluhan tetap sering dirasakan, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut guna mengetahui penyebab keluhan anda dan pengobatan lebih lanjut.
    berikut artikel tentang vertigo
    http://meetdoctor.com/article/vertigo-kenali-penyebabnya
    http://meetdoctor.com/article/vertigo-dan-cara-mengatasinya

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Anda punya pertanyaan seputar Health A-Z ?
Ask Doctor
Benarkah Transfusi Darah Dapat Mengubah DNA? Benarkah Transfusi Darah Dapat Mengubah DNA? 5 Rahasia Hidup Sehat dan Bugar 5 Rahasia Hidup Sehat dan Bugar