Profile
Hamil Anggur

Keputihan berwarna coklat

Keputihan berwarna coklat
Semarang

pagi dok.. saya mau tanya... saya mens pada tanggal 11 JUli 2012 saya berhenti mens pada tanggal 16 juli 2012.. sekarang pada tanggal 19 juli saya mengeluarkan lendir berwarna kecoklatan.. apakah normal ya dok? perut bagian bawah saya sakit... saya pernah kuret tanggal 4 febuari 2012... apakah ini merupakan gejala kanker ya dok?? saya takut sekali.. mohon bantuan nya

Answers

9 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Selamat siang,

    Salah satu gejala kanker serviks memang dapat berupa keluarnya lendir bercampur darah, namun biasanya hal ini terjadi setelah atau saat berhubungan intim. Gejala kanker serviks juga dapat berupa nyeri di bagian vagina.

    Untuk memastikan apakah berasal dari kanker atau bukan sebaiknya ibu melakukan pemeriksaan Pap Smear dan rutin mengulangi pemeriksaannya setiap tahun. Untuk sementara, kemungkinan lendir tersebut akibat infeksi kuman pada vagina juga bisa terjadi. Ibu dapat menggunakan produk pembersih khusus pada daerah tersebut yang banyak di jual di pasaran. Apabila lendirnya tidak kunjung hilang/ berhenti sebaiknya diperiksakan ke dokter kandungan untuk melihat bilamana terjadi infeksi rongga panggul (PID/ Pelvic Inflammatory Disease)

    Demikian, semoga membantu. Terima kasih.

  • Jika disertai bau dan rasa gatal atau nyeri, ada kemungkinan infeksi. Untuk memastikan memang sebaiknya memeriksakan diri ke dokter kandungan.
    Flek kecoklatan bisa jg diakibatkan adanya lendir yang bercampur darah.
    Menurut saya terlalu dini utk mengaitkan kasus tersebut dengan gejala kanker. Apalagi jika ibu baru mengalaminya.

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Dilihat dari segi umur dan keluhan rasanya bukan suatu kanker Bu. Keputihan /flek coklat setelah mens adalah normal. Bila nyeri perut bisa minum Mefinal 500 mg 3x1

  • saya berumur 20 tahun dok.. meikah pada umur saya 19 tahun.. apakah benar2 bukan merupakan indikasi yang berbahaya ya dok...??

  • Selamat Malam dok saya berusia 19 tahun sudah 1 bulan ini saya tidak mens ,sebelumnya saya keputihan dan berwarna kecoklatan tidak berbau dan tidak gatal,setelah saya minum obat dari bidan keputihan itu berhenti tetapi kemarin keluar kembali,kadang kalanya juga cairan bening disertai dengan darah.Apakah itu tanda kangker dok?Mohon di jawab dokter karena saya membutuhkan jawaban dokter.terimakash

  • selamat siang dok.. saya mau tanya sekitar 2 minggu lalu saya mengalami keguguran, sudah 2 hari ini ada bercak keputihan warna coklat, itu artinya apa ya dok ? saya takut akan terjadi apa2 dok, mohon bantuanya , terimakasih

  • Selamat siang Rinna.

    Dilihat dari umur anda, sepertinya bukan sesuatu yang berbahaya. Jika terus-menerus berlangsung, bisa coba langsung konsultasi ke dokter spesialis kandungan.

    Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Selamat siang Beby.

    Dilihat dari umur anda, kuat dugaan bukan merupakan kanker. Lebih kuat kearah infeksi, dan / atau ketidakstabilan hormon.

    Ada beberapa artikel yang bisa menambah informasi terkait pertanyaan anda:
    http://meetdoctor.com/article/keputihan-lakukan-perawatan-ala-rumahan-ini
    http://meetdoctor.com/article/hindari-penyebab-keputihan
    http://meetdoctor.com/article/keputihan-cek-normal-atau-tidak-di-sini
    http://meetdoctor.com/topic/kanker-serviks

    Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Selamat siang Puteri

    Dari cerita anda, sepertinya itu hanya sisa-sisa dari, pada saat keguguran anda. Saat ini dibiarkan saja dulu, cobalah untuk lebih banyak istirahat dan makan teratur, sambil dipantau selama 1 minggu kedepan. Jika masih berlangsung terus-menerus, silakan langsung ke dokter spesialis kandungan untuk diperiksa lebih lanjut.

    Ada beberapa artikel yang bisa menambah info terkait pertanyaan anda:
    http://meetdoctor.com/article/penyebab-keguguran
    http://meetdoctor.com/article/hamil-lagi-setelah-keguguran
    http://meetdoctor.com/article/keguguran-kenali-penyebabnya

    Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil Anggur ?
Ask Doctor

Popular Article

3 Cara Memertahankan Diet Sehat Anda 3 Cara Memertahankan Diet Sehat Anda Tetap Berolahraga Selama Puasa? Tetap Berolahraga Selama Puasa?