x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
keputihan saat hamil
on 25 Oct 2012

Selamat pagi dokter,

Saat ini saya sedang hamil 27 minggu, sejak saya hamil 16 minggu saya mengalami keputihan yang kuning dan gatal, saya sudah ke dr. Spog sebanyak 3 x dari sejak saat itu, Spog yang pertama mengatakan tidak apa-apa dan memberikan saya vagistin suppose (kapsul vagina), tetapi belum sembuh juga. Lalu saya ke dokter yang kedua lalu beliau memberikan flagyl 3 suppose dan CTM sebanyak 6tblet krn takutnya saya alergi krn keputihan belum sembuh, tetapi saya takut minum CTM jd sy hanya minum sebanyak 2 tablet, setelah pemakaian obat itu keputihan saya juga tidak sembuh.
Lalu saya ke dokter Spog yang ke-3 dan meminta solusi untuk keluhan yang sama lalu beliau memberikan flagystatin 7 suppose dan antibiotik Dohixat (Doxicyclin 100mg) untuk pemakaian 10 hari, dan sabun cuci vagina lactacyd, setelah konsumsi antibiotik selama 4hari keputihan sudah mulai berkurang rasa gatalnya tetapi saya ragu untuk menghabiskan antibiotik itu krn stlh sy baca keterangan di web ibu hamil tdk boleh minum antibiotik itu, kalau saya tidak menghabiskan antibiotiknya tidak apa-apa kan dok, saya hny konsumsi 7kapsul antibiotik dr 20kapsul yg diberikan pemakaian 2x1 per hari, yang ingin saya tanyakan apa hal-hal tersebut dapat mempengaruhi perkembangan janin dlm kandungan saya karena saya sdh byk mengkonsumsi obat-obatan dan bagaimana cara mengetahuinya??
Lalu kalo kputihan saya kambuh lagi pengobatan apa yg dpt menyembuhkannya??

Terima kasih untuk jawabannya
nana

Seseorang
Jakarta

3 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Selamat pagi,

Ibu hamil boleh minum / memakai antibiotik yang aman bagi kehamilan. Memang tidak boleh sembarangan memakai antibiotik, dokter tentu sudah mempertimbangkan hal tersebut. Jenis antibiotik yang diberikan pada ibu pun adalah antibiotik jenis yang aman untuk dipakai dalam kehamilan.

Dohixat/ Doxicycline memang termasuk dalam kategori "D" untuk digunakan dalam masa kehamilan. Untuk pemakaian obat ini memang membutuhkan pertimbangan yang cukup banyak guna meresepkan pemakaiannya dalam kehamilan.

Saya tetap menyarankan agar antibiotiknya dihabiskan (paling tidak pemakaian flagystatin harus dihabiskan), karena pengobatan antibiotik yang tidak tuntas akan dapat menyebabkan risiko terjadinya kekebalan (resistensi) kuman terhadap antibiotik tersebut sehingga infeksi keputihan yang mungkin anda derita berikutnya menjadi lebih sulit untuk diobati.

Semoga membantu. Terima kasih

Say Thanks
on 25 Oct 2012
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Surabaya

Keputihan spt ibu memang harus diobati utk menghindari infeksi pd kehamilan yg berujung pada resiko kehamilan Prematur. Saran saya ibu cukup diberikan pengobatan Flagystatin Ovule 1x1 pervaginam selama 7 hari, dan minum obat Antibiotik yg aman misal Claneksi 500 mg 3x1 selama 5 hari

Say Thanks
on 25 Oct 2012
Jakarta

Dr. Janfrional : terima kasih untuk jawabannya dok, tapi untuk dohixatnya saya sudah hentikan meminumnya setelah 7 kapsul itu karena saya khawatir thdap janin saya, kalo untuk flagystatinnya sudah saya habiskan pemakaiannya. selama 1x1 ovule selama 7 hari, selama 3 hari setelah penggunaan obat tersebut keputihan saya memang sudah terobati, tetapi kemudian muncul kembali kuning dan gatalnya tapi dengan jumlah yg lbh sedikit, lalu saat ini obat apa yg harus saya gunakan lagi, ada teman yg memiliki masalah yang sama dan menganjurkan menggunakan canesten ovule apakah boleh dok??

dr. Didi : terima kasih untuk jawabannya, flagystatinnya sdh sy gunakan slama 7 hari dok, 3 hari setelah itu keputihan saya memang berkurang tp kemudian muncul kembali kuning dan gatal, apa saya hrs berkonsultasi ke dokter Spog kembali atau ke dokter Spkk??teman saya ada yg mengalami hal yg sama dan menggunakan canesten ovule slama 3hari dan hilang keputihannya, klo sy pake itu jg apa boleh dok??lalu antibiotik claneksi nya apa bs langsung sy beli di apotik ato harus berkonsultasi ke dr. Spog lagi??

terima kasih untuk jawabannya

nana

Say Thanks
on 29 Oct 2012
in partnership with