Profile
Hamil

keputihan saya tidak sembuh-sembuh

keputihan saya tidak sembuh-sembuh
Jakarta

Selamat pagi dokter, Saat ini saya sedang hamil 27 minggu, sejak saya hamil 16 minggu saya mengalami keputihan yang kuning dan gatal, saya sudah ke dr. Spog sebanyak 3 x dari sejak saat itu, Spog yang pertama mengatakan tidak apa-apa dan memberikan saya vagistin suppose (kapsul vagina), tetapi belum sembuh juga. Lalu saya ke dokter yang kedua lalu beliau memberikan flagyl 3 suppose dan CTM sebanyak 6tblet krn takutnya saya alergi krn keputihan belum sembuh, tetapi saya takut minum CTM jd sy hanya minum sebanyak 2 tablet, setelah pemakaian obat itu keputihan saya juga tidak sembuh. Lalu saya ke dokter Spog yang ke-3 dan meminta solusi untuk keluhan yang sama lalu beliau memberikan flagystatin 7 suppose dan antibiotik Dohixat (Doxicyclin 100mg) untuk pemakaian 10 hari, dan sabun cuci vagina lactacyd, setelah konsumsi antibiotik selama 4hari keputihan sudah mulai berkurang rasa gatalnya tetapi saya ragu untuk menghabiskan antibiotik itu krn stlh sy baca keterangan di web ibu hamil tdk boleh minum antibiotik itu, kalau saya tidak menghabiskan antibiotiknya tidak apa-apa kan dok, saya hny konsumsi 7kapsul antibiotik dr 20kapsul yg diberikan pemakaian 2x1 per hari, yang ingin saya tanyakan apa hal-hal tersebut dapat mempengaruhi perkembangan janin dlm kandungan saya karena saya sdh byk mengkonsumsi obat-obatan dan bagaimana cara mengetahuinya?? Sampai dengan saat ini dok, flagystatin ovule saya sudah habiskan tapi kalo untuk dohixatnya saya hanya minum 7 kapsul saja dan tidak saya teruskan, setelah 3 hari keputihan sy berkurang tapi saat ini muncul lagi wlpun jmlhnya lbh sedikit, teman saya ada yg mengalami hal yg sama dan menggunakan canesten ovule, apa sy boleh pakai obat tersebut jg??atau saat ini saya harus berkonsultasi dgn dokter Spog atau sebaiknya saya ke dokter Spkk saja, dan klo antibiotik claneksi 500mg apa bs sy langsung beli di apotek ato hrs ke dokter dlu?? Terima kasih untuk jawabannya nana

Answers

4 answers

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Canesten bisa dipakai utk wanita hamil. Claneksi bisa beli di apotik. Tidak perlu khawatir bu, yg penting berobat dg benar. Konsultasikan dg dokter kandungan yg tepat. Semoga baik semua kehamilan anda

  • Selamat siang,

    Doxycycline, memang tidak dianjurkan untuk wanita hamil. Obat ini masuk dalam kategori B. Obat ini hanya digunakan pada keadaan darurat yang mengancam jiwa dimana tidak ada obat lain yang lebih aman.

    Obat ini menimbulkan risiko pada janin.

    Semoga membantu

  • dr. didi : saya sudah ke dokter Spog...saya jadi bingung apa slanjutnya harus ke dokter Spog lagi atau ke dr. Spkk saja??

    dr. Fresia : resiko apa ya dok setelah mengkonsumsi doxycycline sebanyak 7 kapsul??lalu bagaimana cara mengetahui resikonya pada janin yg saya kandung??apa saya harus USG lagi??

    terima kasih jawabannya

  • dr. Deffy Leksani dr. Deffy Leksani Dokter Umum

    Hallo, Selamat Pagi.

    Keputihan dapat normal terjadi pada wanita hamil akibat dari perubahan hormonal serta respon pertahanan rahim dari infeksi. Ciri dari keputihan tersebut adalah:

    - Jernih, sedikit
    - Tidak berbau
    - Tidak disertai gatal dan nyeri.

    Bila disertai gatal ada kemungkinan disebabkan oleh infeksi, seperti infeksi jamur, bakteri, parasit, atau virus. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi/mencegah keputihan, antara lain:

    - Tidak menggunakan pembersih, pengharum, panty liner, antiseptik pada daerah vagina karena dapat merubah tingkat keasaman (pH) dan mematikan kuman normal vagina sehingga berpotensi terjadinya infeksi kuman lain.
    - Menghindari cuaca panas dan aktivitas berlebihan
    - Tidak memakai celana terlalu ketat dan rutin menggantinya bila telah lembab
    - Menjaga kebersihan daerah kemaluan
    - Membilas dari arah depan ke belakang setelah BAB, dengan tujuan agar tidak “menyapu” kuman dari anus ke arah vagina.

    Keputihan yang disebabkan infeksi dapat menyebabkan persalinan prematur, ketuban pecah dini dan dapat mempengaruhi janin dalam kandungan sehingga sebaiknya diberikan pengobatan sesuai dengan penyebabnya dan juga pengobatan yang diberikan harus aman untuk janin dalam kandungan.

    Sebaiknya Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan langsung agar mendapatkan pengobatan yang tepat, bila perlu dilakukan pemeriksaan penunjang berupa analisa cairan keputihan untuk mengetahui penyebab pasti dari keputihan.

    Sebagai tambahan informasi untuk anda, dapat dibuka link berikut ini : http://meetdoctor.com/article/keputihan-cek-normal-atau-tidak-di-sini

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Fakta! Tidur Berdua Lebih Sehat daripada Sendiri Fakta! Tidur Berdua Lebih Sehat daripada Sendiri Studi Baru: Buah dan Sayur Dapat Memerbaiki Mood Studi Baru: Buah dan Sayur Dapat Memerbaiki Mood