x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
kesemutan di tangan kiri
on 22 Dec 2012

telapak tangan kiri saya suka kesemutan dan di bagian bawah ketiak kiri sering pegal. apa ini gejala sakit jantung? perlu cek ekg lagi? bulan juli lalu sudah cek ekg dan sudah dicek normal.

Budi
Jakarta

2 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Bila hasil EKG nya normal, maka gangguan jantung memang tidak ada.

Telapak tangan yang kesemutan tersebut merupakan suatu pertanda adanya suatu gangguan / penekanan / penjepitan pada saraf tepi yang mempersarafi daerah tersebut. Posisi tidur yang menyebabkan penekanan pada saraf tepi di tangan memang bisa menyebabkan hal tersebut sehingga gejalanya mungkin sering dirasakan di pagi hari. Gangguan saraf tepi pada tangan dan jari juga sering terjadi pada kondisi diabetes mellitus, peradangan persendian (rheumatoid arthritis), konsumsi alkohol yang berlebihan, kekurangan vitamin B12, dan kondisi penjepitan saraf tepi yang spesifik seperti “Carpal tunnel syndrome”.

Penekanan saraf tepi yang terjadi pada orang normal dapat menyebabkan gejala kesemutan (paresthesia) yang dapat hilang dengan sendirinya. Secara medis, tidak ada panduan / patokan waktu yang mengharuskan kesemutan tersebut harus hilang dalam tempo tertentu setelah penekanan saraf tersebut terjadi. Apabila gejala penekanan pada saraf tepi yang berupa gejala kesemutan dapat hilang dengan sendirinya, maka kemungkinan besar tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan.

Apabila setelah kesemutan tersebut hilang di pagi hari dan terkadang pula dapat timbul setelahnya (saat anda beraktivitas) / Kesemutan tersebut selalu timbul dan tidak hilang, maka hal ini perlu diperhatikan dan dicari penyebabnya. Pada keadaan ini, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan pemeriksaan yang lengkap.

Sebaiknya anda melakukan pemeriksaan kesehatan umum (general check up) secara rutin dan berkala untuk menyingkirkan adanya diabetes mellitus, kondisi peradangan pada sendi, atau kondisi lain yang dapat menyebabkan gejala yang anda alami. Hindarilah konsumsi alkohol. Anda boleh memakai suplemen vitamin harian yang mengandung vitamin B, terutama vitamin B12. Pemakaian suplemen ini akan menunjang kesehatan dan fungsi dari saraf tepi anda.


Semoga membantu. Terima kasih.

1 Thanks
on 23 Dec 2012
Jakarta

mantap penjelasannya! makasih pak dokter...

Say Thanks
on 25 Dec 2012
in partnership with