Profile
Aritmia

kesemutan di tangan kiri

kesemutan di tangan kiri
Jakarta

telapak tangan kiri saya suka kesemutan dan di bagian bawah ketiak kiri sering pegal. apa ini gejala sakit jantung? perlu cek ekg lagi? bulan juli lalu sudah cek ekg dan sudah dicek normal.

Answers

5 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Bila hasil EKG nya normal, maka gangguan jantung memang tidak ada.

    Telapak tangan yang kesemutan tersebut merupakan suatu pertanda adanya suatu gangguan / penekanan / penjepitan pada saraf tepi yang mempersarafi daerah tersebut. Posisi tidur yang menyebabkan penekanan pada saraf tepi di tangan memang bisa menyebabkan hal tersebut sehingga gejalanya mungkin sering dirasakan di pagi hari. Gangguan saraf tepi pada tangan dan jari juga sering terjadi pada kondisi diabetes mellitus, peradangan persendian (rheumatoid arthritis), konsumsi alkohol yang berlebihan, kekurangan vitamin B12, dan kondisi penjepitan saraf tepi yang spesifik seperti “Carpal tunnel syndrome”.

    Penekanan saraf tepi yang terjadi pada orang normal dapat menyebabkan gejala kesemutan (paresthesia) yang dapat hilang dengan sendirinya. Secara medis, tidak ada panduan / patokan waktu yang mengharuskan kesemutan tersebut harus hilang dalam tempo tertentu setelah penekanan saraf tersebut terjadi. Apabila gejala penekanan pada saraf tepi yang berupa gejala kesemutan dapat hilang dengan sendirinya, maka kemungkinan besar tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan.

    Apabila setelah kesemutan tersebut hilang di pagi hari dan terkadang pula dapat timbul setelahnya (saat anda beraktivitas) / Kesemutan tersebut selalu timbul dan tidak hilang, maka hal ini perlu diperhatikan dan dicari penyebabnya. Pada keadaan ini, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan pemeriksaan yang lengkap.

    Sebaiknya anda melakukan pemeriksaan kesehatan umum (general check up) secara rutin dan berkala untuk menyingkirkan adanya diabetes mellitus, kondisi peradangan pada sendi, atau kondisi lain yang dapat menyebabkan gejala yang anda alami. Hindarilah konsumsi alkohol. Anda boleh memakai suplemen vitamin harian yang mengandung vitamin B, terutama vitamin B12. Pemakaian suplemen ini akan menunjang kesehatan dan fungsi dari saraf tepi anda.


    Semoga membantu. Terima kasih.

  • mantap penjelasannya! makasih pak dokter...

  • Tangan sebelah kiri sering kesemutan dan dada kiri kok sakit juga apa penyebabnya dan itu biasanya penyakit apa?

  • kalau gula darah sewaktu 229 mg/dl apakah uda terkena diabetes?

  • dr. Deffy Leksani dr. Deffy Leksani Dokter Umum

    Hallo, Selamat Pagi Sdra Syafuan.

    Berikut kisaran kadar gula darah normal pada tubuh:

    1. Sebelum makan: 70 – 130 mg/dL.
    2. Dua jam setelah makan: kurang dari 180 mg/dL.
    3. Setelah tidak makan (puasa) selama setidaknya delapan jam: kurang dari 100 mg/dL.
    4. Menjelang tidur: 100 – 140 mg/dL.

    Diagnosa dari DM ditegakan apabila didapatkan gula darah Anda tinggi (>200) disertai dengan gejala dari diabetes melitus seperti banyak minum, banyak buang air kecil dan lapar terus. Ketiga gejala ini adalah gejala yang paling sering dialami oleh pasien dengan DM. Apabila tidak mengalami gejala-gejala diatas, disarankan untuk dilakukan pemeriksaan ulang gula darah sewaktu untuk memastikan diagnosis DM Anda.

    Perbedaan dari DM tipe 1 dan 2 adalah mekanisme terjadinya DM tersebut. Pada DM tipe 1, terjadi kerusakan sel pankreas-beta yang berfungsi dalam memproduksi insulin di dalam darah. Untuk DM tipe 2, penyebab dari kondisi DM ini adalah resistensi insulin dimana jaringan-jaringan tubuh tidak sensitif lagi terhadap insulin yang ada di dalam darah.

    Apabila nilai kadar gula Anda lebih tinggi daripada normal namun tidak mencapai nilai yang sangat tinggi untuk disebut DM, Anda dapat masuk kondisi yang disebut sebagai pre-diabetes. Pada kondisi pre-diabetes, Anda tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan untuk mengurangi gula Anda namun diperlukan olahraga yang cukup dan makan-minum yang benar untuk menjaga kadar gula Anda tetap stabil.

    Sebagai tambahan informasi untuk anda, dapat dibuka link berikut ini : http://meetdoctor.com/topic/diabetes

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Aritmia ?
Ask Doctor

Popular Article

Diet Tepat Sesuai Bentuk Tubuh Diet Tepat Sesuai Bentuk Tubuh Cegah Diabetes dengan Diet Karbohidrat Cegah Diabetes dengan Diet Karbohidrat