Keturunan dari Orang tua dengan golongan darah AB dan O
on 04 Jul 2012

Saya pernah dengar bahwa apabila orang yang memiliki golongan darah O menikah dengan orang yang memiliki golongan darah AB, maka nanti akan susah memiliki keturunan. Apakah yang saya dengar itu benar dokter??

6 Answers

Selamat siang...

Menurut saya itu hanya mitos. Golongan darah tidak berpengaruh dalam memperoleh keturunan. Banyak faktor - faktor lain yang berperanan dalam memperoleh keturunan seperti tingkat kesuburan seseorang, pola hidup, pola makan, penyakit kronis, dll. Sekian dan terima kasih

Say Thanks
on 04 Jul 2012

Tapi setahu saya golongan Darah AB dan O tidak bisa saling mensupport,misalnya saja pada saat transfusi darah. Jika seorang anak lahir dari orang tua dengan golongan darah AB dan O,apakah ada pengaruh tertentu terhadap golongan darah sang anak?
terima kasih.

Say Thanks
on 04 Jul 2012

maap, orang tua saya golongan darahnya O sma AB, tpi tidak ada apa-apa, saya dan kaka saya sehat-sehat saja, dan golongan darah saya dan kaka saya sama-sama B

Say Thanks
on 04 Jul 2012

Umumnya kita mengenal dua jenis penggolongan darah yakni sistem ABO dan sistem Rhesus. Sebenarnya masih ada penggolongan darah berdasarkan sistem yang lain. Pada sistem ABO, yang menentukan golongan darah adalah antigen A dan B, sedangkan pada Rh (Rhesus) faktor, golongan darah ditentukan oleh antigen Rh.

Golongan darah yang berpengaruh ke anak adalah apabila si ayah memiliki rhesus + dan ibu memiliki rhesus -. Karena apabila janin yang dikandung ibu memiliki rhesus + maka akan terjadi masalah. Darah janin Rhesus + akan masuk ke peredaran darah si ibu melalui plasenta. Pada tahap selanjutnya tubuh ibu memproduksi antirhesus. Dimana antirhesus ini akan melakukan serangan balik ke dalam peredaran darah si calon bayi. Dan sel-sel darah merah si calon bayi akan dihancurkan. Biasanya pada persalinan yang pertama dapat menimbulkan kuning pada bayi. Dan pada kehamilan yang kedua dan seterusnya dapat menyebabkan keguguran. Namun kejadian ini sangat langka dan biasanya hanya terjadi pada pernikahan antar bangsa.
Jadi selama ibunya tidak berhesus - dan ayahnya + maka tidak akan berpengaruh pada bayi

Say Thanks
on 04 Jul 2012
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Surabaya

Memang benar bu, ada yg disebut inkompatibilitas darah. Menurut pengalaman memang sering tjd abortus/keguguran pada kasus2 tsb. Cm saran saya, sebaiknya ibu konsultasikan terlebih dahulu di laboratorium sitogenetika, kalo di Jkt di Lab Eikjman di RSCM, nanti akan diketahui kemungkinan2nya.

Say Thanks
on 04 Jul 2012

Dok..Mau nanya...Berapa besar kemungkinan seorang anak memiliki Gol darah A,B,AB dan O. Jika terlahir dari org tua dng gologan darah AB dan O...mohon penjelasan

Say Thanks
on 29 Jan 2013
in partnership with