Profile
Health A-Z

Konsultasi KB

Konsultasi KB
Bekasi

Selamat Siang Dok Begini Dok, sudah 3 bulan ini saya berhentik KB Suntik, karena saya ingin haid saya normal dan lancar seperti sebelum punya anak Dok, tapi sudah 3 bulan ini kok saya belum haid juga ya Dok, padahal saya tidak hamil, apakah stress mempengaruhi haid tidak lancar Dok? karena belakangin ini memang saya sedang dikerjar dateline Dok, nafsu makan pun sampai jadi berkurang, sekarang berat saya hanya 44kg dengan tinggi 155cm. Pertanyaan saya lagi Dok, boleh saya meminum obat pelancar haid Dok? Lalu KB apa ya Dok yang tetep bisa haid lancar? Mohon penjelasannya Dok. Terima kasih Dok

Answers

3 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Untuk tiap orang respon berbeda-beda, sehingga tidak ada KB ideal yang respon sama pada tiap orang.

    Iya, stress dapat memicu gangguan haid.

  • Apakah saya perlu meminum obat pelancar haid Dok?

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat pagi,

    KB Suntik adalah salah satu metode Mencegah Kehamilan yang saat ini banyak digunakan di negara-negara berkembang. KB Suntik bekerja mengentalkan lendir rahim sehingga sulit untuk ditembus oleh sperma untuk pembuahan. Jenis Alat Kontrasepsi ini juga mencegah sel telur menempel ke dinding rahim sehingga proses kehamilan bisa dicegah.KB suntik merupakan Suatu metode dari kontrasepsi yang diberikan melalui suntikan. Ini merupakan metode yang mendapatkan peminat yang paling tinggi karena dianggap sebagai cara yang aman, lebih efektif, lebih simpel.


    Jenis Suntik KB dibagi menjadi jenis, yaitu:

    KB Suntik 3 Bulan,
    KB Suntik 1 Bulan

    kelebihan kb suntik adalah metode kontrasepsi hormonal efektif mencegah kehamilan hingga 99%. Memberikan kenyamanan kepada pasangan suami istri, karena dengan satu kali suntikan anda tidak perlu memikirkan kontrasepsi selama 1 sampai 3 bulan, sesuai dengan jenis Suntik KB yang anda pilih. Anda dan pasangan bisa lebih spontan dalam berhubungan intim tanpa harus khawatir menjadi hamil. Kehamilan bisa anda dapatkan kembali, setelah menghentikan penggunaan KB Suntik.

    pada beberapa kasus KB Suntik juga memberikan efek samping terutama pada awal pemakaian, yang diantaranya adalah:

    -Siklus haid menjadi tidak teratur berkepanjangan, atau bahkan anda tidak mengalami haid sama sekali, selama beberapa bulan pertama saat pemakaian atau berhenti melakukan KB suntik,
    -Beberapa ibu yang menggunakan metode KB suntik 3 bulan mengalami penambahan berat,
    -Ibu mengalami jerawat, sakit kepala, nyeri payudara, perubahan suasana hati, dan perut kembung,
    -Pada beberapa kasus, kesuburan wanita baru pulih setelah beberapa bulan menghentikan penggunaan KB suntik,
    -Penggunaan KB suntik 3 bulan memicu terjadinya osteoporosis.

    Siklus menstruasi adalah serangkaian perubahan tubuh wanita yang terjadi sebagai bentuk persiapan tubuh terhadap kehamilan. Sekitar sebulan sekali, tumbuh lapisan baru (endometrium) pada rahim untuk dibuahi sel telur.

    Ketika tidak ada sel telur yang dibuahi, lapisan rahim tersebut akan luruh. Inilah yang disebut dengan menstruasi. Umumnya, siklus menstruasi terjadi dalam rentang waktu 28 hari, tapi ada juga orang yang mengalami rentang siklus menstruasi selama 21 hari.

    Penyebab Siklus Menstruasi tidak teratur biasanya karena:

    Stres
    Saat stres, tubuh akan menurunkan jumlah hormon gonadotropin-releasing hormone agonist (GnRH) yang bisa menyebabkan terlambat haid. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter supaya mendapatkan solusi mengatasi stres agar menstruasi kembali teratur.

    Sakit
    Penyakit adalah penyebab terlambat haid. Anda tidak perlu khawatir karena hal ini biasanya bersifat sementara saja dan siklus menstruasi akan kembali normal saat Anda sembuh. Namun, jika menstruasi tetap tidak teratur padahal Anda sehat, segera hubungi dokter.

    berikut artikel yang berhubungan dengan keluhan anda.
    http://meetdoctor.com/article/alasan-absen-haid

    Terima kasih telah berkonsultasi bersama meetdoctor. semoga jawaban ini bermanfaat bagi anda.

Anda punya pertanyaan seputar Health A-Z ?
Ask Doctor
Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes dan Darah Tinggi Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes dan Darah Tinggi Salah satu masalah ibu menyusui adalah puting terasa sakit dan lecet. Biasanya disebabkan, karena ibu belum mahir. Berikut tujuh cara menghindari puting lecet dan sakit saat menyusui. Merawat Payudara Saat Menyusui