x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
lama-nya proses penyembuhan luka jahitan
50 weeks 22 hours ago

Selamat Sore Dok, ( M, 25yo )

awal agustus lalu saya baru saja menjalani proses khitan dengan metode laser dan proses jahit dengan benang yang harus dilepas kembali, dan belum lama ini, saya baru saja menjalani proses lepas jahitan. Nah yang menjadi pertanyaan saya adalah :

1. apa saja hal yang lumrah / biasa terjadi pasca lepas jahitan? terutama pada luka yang belum kering? ( apakah terus menerus dalam kondisi ' basah ' ; sedikit berdarah ; bernanah tidak berbau? ) dan kira-kira berapa lama yah dok masa penyembuhan ini?

2. saya sempat konsultasi dengan dokter yang menangani keseluruhan proses sirkumsisi, mengenai hal yang harus dilakukan, dan beliau hanya menyarankan untuk terus rajin memberi krim/salep klmctn ( yang mengandung Chloramphenicol ) pada luka yang masih basah dan luka lainnya yang ada, tapi saya jujur masih penasaran apakah ada obat baik oles maupun oral yang dapat mempercepat proses pengeringan dan penyembuhan luka?

3. pada poin satu saya sempat menyinggung mengenai luka basah dan ada getah ( menyerupai nanah ) tapi tidak berbau, apakah itu normal? dan apakah tetap di-beri salep seperti anjuran dokter-nya?

4. banyak yang bilang agar menggunakan sarung saja tanpa menggunakan pakaian dalam supaya luka terkena udara jadi cepat kering, nah sekarang saya dihadapkan dengan kondisi harus bekerja di kantoran, so apakah tidak apa-apa jika tetap diberi salep pada luka yang belum kering dan tetap menggunakan celana biasa?

Mohon maaf kalau banyak yang ditanyakan Dok, maklum awam untuk hal seperti ini. Terima kasih.

Seseorang
Jakarta

2 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

1. Jika luka dirawat dengan baik, luka akan kering dan baik. Jika tidak terjaga kebersihannya, akan memudahkan terjadinya infeksi bakteri sehingga timbul nanah.

2. Tidak ada obat yang mempercepat penyembuhan luka obat-obat yang diberikan merupakan terapi pencegahan terhadap infeksi sekunder. Karena pada luka terbuka, kuman akan mudah masuk sehingga lebih mudah terjadi infeksi.

3. Jika timbul nanah, tentu saja luka harus dibersihkan setiap hari dan diberikan antibiotik topikal

4. ya, tidak apa.

1 Thanks
50 weeks 20 hours ago
Jakarta

Terima kasih atas jawabannya dr. Fresia, tapi untuk yang no.3 saya bertanya apakah " luka basah dan ada getah tapi tidak berbau " itu kondisi yang normal? sebab kalau luka yang bernanah khan cenderung mengeluarkan bau tidak sedap dan disertai nyeri juga pada luka-nya ( tanda-tanda adanya infeksi ) tapi kalau yang terjadi pada saya, lukanya terlihat basah terus saja dan sedikit mengeluarkan getah, apakah itu lelehan serum / getah bontengeun ?? terima kasih banyak.

Say Thanks
50 weeks 18 hours ago
in partnership with