MEETDOCTOR

Heart & Blood System

Makanan Yang dapat Meningkatkan Kadar Hemoglobin

Makanan Yang dapat Meningkatkan Kadar Hemoglobin
izza
Yogyakarta

selamat sore dok , saya penderita anemia ( HB 10 ) dan di screaning genetik ternyata thalassaemia , tapi masih alfa ringan . yang saya mau tanyakan , apakah penderita thalassaemia itu HB nya selalu stabil ? (rendah , tidak meningkat) dan membuat saya cepat merasa lelah ? makanan apa saja yang bisa dan baik untuk meningkatkan HB dok ? selama ini saya hanya mengkonsumsi sayuran dan sering minum jus jambu .

Answers

4 answers

  • Selamat sore,

    Hal tersebut tergantung dari jenis thalasemia minor yang anda derita. Jenis thalasemia minor dapat berupa jenis "Alpha thalassemia trait" , atau berupa jenis "Hemoglobin H disease/ HbH".

    Pada thalasemia minor jenis Alpha thalassemia trait, biasanya nilai Hb dan jumlah sel darah merahnya masih dalam batas normal.

    Pada penderita thalasemia alfa jenis HbH, nilai Hb nya memang selalu berkisar antara 7-10 g/dL. Dan wajar apabila dengan kadar Hb tersebut anda merasa cepat lelah. Bekerjalah sesuai dengan tingkat kenyamanan tubuh anda, tidak perlu memaksakan diri.

    Hemoglobin terbentuk dari ikatan heme, protein globin, dan rantai besi. Sayuran hijau rata-rata kaya akan zat besi. Untuk sumber protein anda dapat makan telur, hati ayam, susu dan kedelai.

    Semoga membantu. Terima kasih.

  • izza izza User

    Kalo HB di bawah 10 apakah harus transfusi darah dok ?

  • Tidak harus selalu transfusi darah. Ada banyak sekali pertimbangan dari dokter untuk menentukan perlu tidaknya transfusi, terutama pada pasien thalassemia.

  • izza izza User

    kemaren saya habis nikah dok , dan unrtuk mempersiapkan masa kehamilan , apakah ada tips untuk menjaga HB agar tetap normal ? soal nya akhir akhir ini saya cepat sekali lelah , jalan beberapa meter saja nafas nya sudah tidak beraturan , bahkan kemarin malam juga sempat pingsan..

Anda punya pertanyaan seputar Heart & Blood System ?
Ask Doctor

Popular Article

Oral seks bisa menjadi salah satu variasi dalam kehidupan seksual. Namun, di samping kenikmatannya, terdapat juga berbagai risiko penyakit. Berikut fakta oral seks. Oral Seks, Ini Faktanya Selama masa kehamilan, sebaiknya hindari beberapa jenis makanan berikut ini. Pasalnya. imun tubuh ibu hamil dan perkembangan janin lebih rentan terkena bakteri. Ibu Hamil, Hindari Makanan Ini