masalah wanita
on 07 Jun 2013

Selamat siang dok, saya mau tanya beberapa hal tentang keluhan yang saya alami seperti :

Saya sudah menikah dan memutuskan memakai pil kb andalan, awalnya berjalan normal, lama kelamaan saya suka lupa minum, dan waktu itu saya mendapati darah coklat pada celana saya hanya sedikit dan berlangsung hanya dua hari, kemudian hilang dan kemarin ada lagi darah coklatnya selama 3-4 harian. Namun itu bukan mens karena jadwal mens saya masih 1minggu lagi menurut peredaran obat. Dan sekarang saya mens sesuai dengan edaran obat yang saya minum. Apakah arti dari darah coklat itu, apa sebuah gejala atau apa?
Saya juga mengalami keputihan sebelum dan sesudah menikah,sebelum menikah saya sempat periksa hanya saja katanya tidak apa-apa masih normal.Tetapi saya suka merasa gatal, keluar cairan lumayan agak banyak kental, dan pada celana menempel warna kuning,dan memang karena tidak tahan MAAF saya suka menggagurknya.Apakah keputihan saya masih dikatakan normal, dan bagaimana solusinya?
Terima kasih, dan mohon penjelasannya dok.

Seseorang
sumedang

2 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Dear patient,
Hal seperti ini disebut sebagai gangguan haid jenis intermenstrual bleeding (flek/ perdarahan yang terjadi pada masa jeda antar haid). Umumnya hal ini disebabkan oleh adanya gangguan hormon / ketidak-seimbangan hormon pada tubuh.

Bila sering terjadi berulang seperti ini (lebih dari 3 kali dalam 6 bulan terakhir), maka sebaiknya diperiksakan ke dokter kandungan agar dapat diberikan pengobatan yang tepat.

Pastikan pula berat badan anda ideal dan cukup waktu istirahat serta rutin berolah-raga. Ketiga faktor ini sangat menunjang kelancaran dan keteraturan siklus menstruasi.

Terima kasih.

Say Thanks
on 09 Jun 2013
sumedang

dan satu lagi dok, masalah keputihan saya, apakah itu masih dikatakan normal??..

Say Thanks
on 10 Jun 2013
in partnership with