Profile
Menstruasi

membersihkan vagina dgn daun sirih

membersihkan vagina dgn daun sirih
Indonesia

Selamat sore dok.. kenapa ya dok setiap selesai haid daerah vagina terasa gatal.. bolehkan membersihkan vagina dengan air rebusan daun sirih agar gatalnya hilang?.. terima kasih

Answers

5 answers

  • Selamat sore,

    Apakah ada keluar cairan dari vagina anda? Bewarna apa? Apakah berbau?
    Jika ya kemungkinan besar hal, gatalnya disebabkan karena keputihan/fluor albus. Sebaiknya anda jangan membersihkannya dengan air rebusan air sirih, karena air rebusan tersebut bersifat bakterisid ( membunuh bakteri ), baik bakteri yang baik maupun bakteri yang jahat. Sehingga dapat memperberat infeksi.

    Saran saya sekarang :
    - Ganti pakaian dalam/celana dalam anda jika mulai terasa basah/ lembab, karena hal tersebut merupakan media yang baik untuk pertumbuhan bakteri dan jamur
    - Hindari memakai celana dalam berbahan sutra dan nylon, biasankan memakai bahan dari katun
    - Jangan membersihkan daerah sekitar vagina dengan pengharum atau bedak yang wangi
    - Jika keluhan berlanjut segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan.

    Semoga membantu.

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Hai, selamat sore.

    Sudah berapa lama keluhan ini Anda rasakan? Umumnya tidak ada rasa gatal pada daerah intim setelah haid. Apakah ada keluhan lain yang Anda rasakan, misalnya ketika buang air kecil terasa nyeri, lalu, adakah kemerahan pada area gatal tersebut.

    Yang dapat Anda coba lakukan di rumah, yaitu menjaga kebersihan organ intim dengan:
    - mencuci tangan sebelum dan setelah menyentuh organ intim
    - membilas area tersebut dari depan ke belakang
    - kenakan celana dalam dengan bahan nyaman, misalnya katun
    - bila gatal, jangan digaruk, cukup bilas dengan air hangat

    Sementara, membersihkan dengan rebusan daun sirih dapat dilakukan, tetapi jangan terlalu sering. Ini karena daun sirih mempunyai efek antiseptik (membunuh kuman) yang dapat menyebabkan kuman baik ikut mati juga. Apabila keluhan ini tetap berlanjut, saya sarankan untuk memeriksakan diri ke dokter.

    Semoga jawaban saya membantu Anda.

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Tidak apa-apa bu dibersihkan dg air daun sirih, krn memang mempunyai khasiat sbg antiseptik. Cuma jangan terlalu sering memakainya, cukup 2x seminggu Bu. Keputihan menjelang dan sesudah haid adalah normal.

  • terima kasih dok atas jwabannya..
    keluhan ini saya rasakan baru2 ini sejak saya melakukan kuret pada bulan Mei lalu sebelumnya tidak merasa gatal..
    apakah ini efek dr obat pada waktu kuret tsb yaa dok..

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat malam,

    Miss V terasa gatal. Biasanya ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran kita untuk menjaga kebersihan Miss V. Akibatnya, vagina mengalami infeksi bakteri atau jamur.

    Berikut adalah beberapa langkah untuk merawat kebersihan Miss V:

    - Hindari sabun beraroma wangi, gel dan antiseptik karena dapat mempengaruhi keseimbangan bakteri sehat dan kadar pH pada vagina dan menimbulkan iritasi.

    - Gunakan sabun yang tanpa pewangi untuk mencuci daerah sekitar vagina (vulva). Bersihkan area genital dengan sabun lembut setiap hari. Sabun yang terlalu keras atau terlalu banyak bahan kimia dan wewangian akan membuat vagina mengeluarkan cairan lebih banyak dan menimbulkan bau tidak sedap. Vagina akan membersihkan dirinya sendiri dengan cairan alami. Pastikan Anda hanya membersihkan area sekitar vagina, misalnya rambut kemaluan Anda.

    - Selama periode menstruasi, cucilah Miss V lebih sering, ganti pembalut 3-4 jam atau jika sudah basah. Jaga pula kebersihan daerah perineum antara vagina dan anus, setidaknya sekali setiap hari, setelah mandi.

    - Konsumsi yogurt. Yogurt yang mengandung kultur hidup memperkenalkan probiotik (atau bakteri baik) ke dalam tubuh Anda. Kandungan kultur bakteri hidup Lactobacillus merupakan probiotik alami yang bermanfaat bagi organisme lainnya. Bakteri baik ini menyukai lingkungan asam dan berperan mengubah laktosa menjadi asam laktat. Maka itu, selain menjaga kesehatan pencernaan, yogurt juga bermanfaat menjaga kesehatan Miss V. Mengonsumsi yogurt secara rutin dapat mencegah bakteri penyebab infeksi pada organ reproduksi. Telitilah dalam memilih yogurt. Yogurt yang berkualitas baik menggunakan bakteri generasi baru dan tingkat keasaman yang pas.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
5 Rahasia Hidup Sehat dan Bugar 5 Rahasia Hidup Sehat dan Bugar Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes dan Darah Tinggi Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes dan Darah Tinggi