Profile
Kanker Serviks

Mencegah kanker serviks

Mencegah kanker serviks
Aulia Rahma
Medan

Sore Dok, Saya wanita usia 18 tahun. Apakah seusia saya sudah dapat melakukan vaksinasi untuk mencegah kanker serviks? Dan di lakukan setiap berapa kali untuk melakukan vaksinasinya? Apa saja manfaat melakukan vaksinasi tersebut?

Answers

2 answers

  • Cara pencegahan terdiri dari Pencegahan Primer dan Pencegahan Sekunder.

    Pencegahan primer meliputi: kegiatan edukasi dan vaksinasi. Vaksinasi dapat diberikan pada wanita mulai usia 10 hingga 55 tahun. Vaksin tersebut dapat memberikan proteksi terhadap infeksi HPV yang berasosiasi dengan terjadinya Ca Cerviks. Teknis penggunaan vaksin tergantung pada jenis sediaan vaksin. Vaksin HPV berpotensi untuk mengurangi angka morbiditas dan mortalitas yang berhubungan dengan infeksi HPV genitalia. Terdapat 2 jenis vaksin HPV yaitu vaksin bivalen (tipe 16 dan 18, Cervarix®) dan vaksin quadrivalen (tipe 6, 11, 16 dan 18, Gardasil®). Imunisasi diberikan dengan dosis 0,5 mL secara intramuskular pada M.deltoideus, untuk vaksin HPV bivalen, imunisasi diberikan dengan jadwal 0, 1 dan 6 bulan. Sedangkan untuk vaksin HPV kuadrivalen, dengan jadwal 0, 2 dan 6.

    Pencegahan sekunder meliputi kegiatan screening (dengan metode Pap Smear atau IVA) secara teratur, untuk mendeteksi secara dini apakah ada perubahan di daerah mulut rahim yang mengalami perubahan ke arah keganasan.

  • Anda boleh di vaksinasi.
    Semoga membantu

Anda punya pertanyaan seputar Kanker Serviks ?
Ask Doctor
Komedo merupakan bintik kecil hitam yang muncul di permukaan kulit. Penyebab komedo adalah penyumbatan pori-pori kulit karena adanya penumpukan keratin. Bersihkan Komedo Tanpa Sakit Jerawat batu pada wajah bisa mengganggu penampilan, Berikut cara menghilangkan jerawat batu yang dapat Anda lakukan di rumah. Cara Menghilangkan Jerawat Batu