Profile
Kesehatan Wanita

Mengapa haid bisa terlambat?

Mengapa haid bisa terlambat?
Jakarta

Dok, saya berumur 22 tahun. Bulan November saya belum haid, terakhir saat saya haid, pada tanggal 26 Oktober lalu, dan seharusnya pada tanggal 26 November saya kembali haid. Sebelumnya saya melakukan hubungan dengan suami saya pada tanggal 10 November dan sperma suami saya dibuang diluar krena kami ingin menunda kehamilan karena saya masih terikat kontrak kerja untuk tidak hamil terlebih dahulu saat masa percobaan di kantor saya. Namun, setelah berhubungan, V saya mengeluarkan bercak darah sedikit dan flek coklat beberapa hari setelahnya. Apakah itu bisa disebut haid jg? Saya berhubungan badan kembali tanggal 24 November, saya belum mens sampai saat ini dan tidak ada tanda2 mual atau ngidam jg. Saya sudah cek Tp urin seminggu setelah berhubungan hasilnya negatif. Tanda2 pra-mens jg seperti di kedua bagian dada terasa membesar dan agak bengkak sudah saya rasakan baru2 ini tp saya belum mens jg. Apakah saya hamil? atau hanya terlambat datang bulan dok? Perlukah saya mengecek ulang dgn tes TP urin kembali?

Answers

3 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Iya, yang pertama termasuk haid.

    Bila Anda ragu, dapat kembali mengulang tes. Apabila hasil masih negatif, yang dialami adalah gangguan haid.

  • Owh begitu ya dok. Sekiranya gangguan haid, obat apa yg bisa mempelancarnya. Terima kasih Dr. Alan

  • Selamat sore, Rin Rin.
    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Penyebab terlambat menstruasi yang dialami tiap perempuan berbeda-beda. Berikut beberapa penyebab terlambat menstruasi dan cara mengatasinya:

    1. Stres
    Kondisi ini bisa memengaruhi hormon Anda, mengubah rutinitas harian tubuh, serta berdampak pada bagian otak yang bertugas mengatur siklus menstruasi. Selain itu, stres juga bisa memicu penurunan atau kenaikan berat badan secara tiba-tiba yang dapat berdampak pada siklus menstruasi Anda.

    2. Berat badan tidak normal
    Kemungkinan Anda akan mengalami terlambat menstruasi jika memiliki berat badan yang terlalu rendah. Kondisi ini bisa mengubah cara kerja tubuh sehingga menghambat ovulasi. Biasanya, hal ini dialami oleh kalangan yang mengalami gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia. Hal sama terjadi jika Anda mengalami obesitas. Bobot tubuh berlebihan juga bisa menyebabkan perubahan hormon yang berdampak pada siklus menstruasi Anda. Cukup ubah pola hidup Anda menjadi lebih baik seperti menjauhi hal-hal yang membuat Anda stres dan mengonsumsi makanan dengan kadar gizi seimbang.

    3. Penyakit tiroid, Sindrom ovarium polikistik, Tumor hipofisis, dan penyakit lainnya.
    Mengatasi hal tersebut diperlukan pemeriksaan secara lengkap seperti wawancara medis, pemeriksaan fisik, serta penunjang untuk dapat memastikan diagnosa tersebut.

    Anda juga perlu mengetahui penyebab yang pasti dengan mengevaluasi diri apakah ada perubahan pola hidup dalam sebulan terakhir ini. Aktivitas yang padat, serta kurangnya istirahat juga dapat berpengaruh terhadap keterlambatan haid.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda :)

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Kista payudara diawali benjolan. Berbahayakah? Kista Payudara, Penyebab dan Gejalanya 7 Bentuk Payudara Wanita 7 Bentuk Payudara Wanita