Profile
Kesehatan Wanita

Mengapa haid saya tidak berhenti?

Mengapa haid saya tidak berhenti?
Surabaya

Malam dok, selama ini haid saya tidak teratur, bisa 2 - 3 bulan sekali baru haid. Bulan lalu hanya mengeluarkan bercak-bercak saja, tetapi saya test pack hasilnya negatif. Tiga minggu setelah itu saya haid, tapi sudah 15 hari ini tidak berhenti juga. Sudah saya periksakan ke dokter katanya hanya masalah hormonal saja, karena hasil USG baik dan rahim saya bagus. Hanya masih banyak darah di dalamnya Oleh dokter kandungan diberi Norelut, tetapi ketika saya minum haid semakin deras seperti pendarahan setelah melahirkan. Karena takut, penggunaan Norelut saya hentikan. Apa yang harus saya lakukan, dok? Sebagai tambahan informasi, bera/tinggi badan saya 90 kg/165 cm. Apakah ini disebabkan karena kegemukan, dok?

Answers

1 answers

  • Selamat pagi,
    Kami memahami kekhawatiran Anda siklus haid normal yaitu 28 hari dengan periode 5-7 hari. Tetapi pada umumnya tidak semua wanita mengalami menstruasi yang sama karena siklus menstruasi dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi, stress, gaya hidup, dll. Gangguan haid merupakan perdarahan haid yang tidak normal dalam hal panjang siklus haid, lama haid, dan jumlah darah haid. Gangguan pada haid bermacam-macam yaitu :
    • Amenorrhoea Keadaan di mana tidak terjadinya mentruasi selama 3 bulan berturut-turut.
    • Oligomenorea merupakan suatu kondisi dimana siklus haid lebih panjang, lebih dari 35 hari (nomal: 25-35 hari)
    • Menorrhagia perdarahan haid yang lebih banyak dari normal (lebih dari 80ml/hari) atau lebih lama dari normal (lebih dari 8 hari)
    • Metrorrhagia ; perdarahan rahim di luar waktu haid.
    Penyebab dari gangguan biasanya disebabkan oleh beberapa tahun menjelang menopause, gangguan indung telur, gangguan hormonal yang disebabkan karena stress, depresi, penurunan berat badan berlebihan, obesitas, olahraga berlebihan seperti atlit, kelainan pembekuan darah, gangguan hormon tiroid serta penggunaan obat-obatan tertentu, seperti antikoagulan, aspirin dll.
    Ada beberapa hal yag dapat anda lakukan untung mengatasi gangguan haid ini, diantaranya adalah :
    1. Menghindari aktifitas fisik yang berlebihan
    2. Menghinari stress
    3. Mengkonsumsi Gizi seimbang
    4. Menghindari minuman alkohol , rokok dan minuman soda
    Gangguan haid seperti ini biasanya bersifat sementara dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun jika berlangsung terus-menerus sebaiknya Anda konsultasikan kepada dokter Kandungan.
    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor
    Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Kelima makanan sehat berikut, akan membuat Anda lebih segar selama masa menstruasi. Makanan Sehat Saat Menstruasi Memasuki masa puber, anak perempuan akan mengalami perubahan pada tubuhnya. Sebgai orangtua Anda harus siap memberikan penjelasan kepadanya, termasuk soal menstruasi. Cara Bicara Tentang Menstruasi Pada Anak