Profile
Migrain

mengapa kepala belakang (terutama bagian bawah) sering sakit?

mengapa kepala belakang (terutama bagian bawah) sering sakit?
Jakarta

dok, saya mengalami sakit kepala pada bagian belakang terutama pada bagian bawah(tengkuk) terasa sakit bahkan sangat sakit hingga sakit itu terkadang memenuhi kepala saya. terkadang saat sakit itu jika salah satu sisi kepala saya tertekan maka sakit itu akan terasa juga di daerah yang tertekan tersebut. sakit ini sudah saya alami cukup lama, awalnya saya rasa sakit-sakit ringan yang masih dapat saya tahan,sehingga saya tidak tindak lebin lanjut tapi semakin lama sekarang sakit itu semakin terasa sampai kepala saya terasa sangat berat dan sakit terutama pada bagian bawah tadi. saya sudah 3 kali ke dokter umum,dan 1 kali ke dokter syaraf tapi tidak ada perubahan yang saya rasakan dok.

Answers

3 answers

  • User

    Kemungkinan ada kekakuan otot di kepala bwah blakang disebabkan ada iritasi di ruas tulang blakang leher. Konsul hal ini ke dokter rehabilitasi medik. Semoga membantu.

  • kalau sakitnya sudah memenuhi kepala dan terkadang mata juga ikut sakit, itu kenapa ya dok?

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,

    Nyeri kepala merupakan rasa nyeri daerah kepala dengan batas bawah dari dagu sampai ke daerah belakang kepala.
    Nyeri kepala diklasifikasikan oleh International Headache Society, menjadi nyeri kepala primer dan sekunder. Yang termasuk ke dalam nyeri kepala primer antara lain adalah:

    Sakit kepala tipe tegang (TTH - Tension Type Headache)
    Nyeri kepala seperti tali diikat di kepala dan leher, muncul di kedua sisi kepala, biasanya timbul karena stess, kecemasan, kelelahan dan marah

    Migraine
    Nyeri kepala berdenyut di satu sisi kepala (unilateral) atau bisa juga bilateral ( kedua sisi kepala), kadang disertai nyeri perut, mual atau muntah, Migraine dapat bertahan 4- 72 jam

    Sakit kepala kepala cluster.
    Nyeri kepala seperti rasa terbakar. Serangan sakt kepaa biasanya belangsung singkat yaitu 30- 120 menit. Seangan sakit kepala pada salah satu sisi kepala atau leher. Periode sakit kepala berlangsung bebeerapa minggu bahkan bulan.

    Nyeri kepala primer merupakan 90% dari semua keluhan nyeri kepala. Nyeri kepala juga dapat terjadi sekunder, yaitu sakit kepala bukan merupakan penyakit murni, tapi gejala dari penyakit lain atau kecelakaan pada kepala. Beberapa contoh sakit kepala sekunder biasanya dikarenakan tumor, tekanan darah tinggi, infeksi dll.

    Sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter Untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor
    Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Anda punya pertanyaan seputar Migrain ?
Ask Doctor
5 Rahasia Hidup Sehat dan Bugar 5 Rahasia Hidup Sehat dan Bugar Pilih bra karena motif dan warna? Awas sakit punggung! Bra yang Tepat: Dari Ukuran Hingga Tali