Mengapa perut saya selalu sakit?
on 17 Apr 2012

Siang dok, saya mau tanya.. semenjak habis melahirkan anak pertama saya jadi lebih sering merasakan sakit disemua bagian perut (kanan, kiri, atau bagian bawah) bahkan terkadang hampir mamu muntah, itu karna apa ya dok..?? saya sudah pernah menjalani operasi usus buntu tapi tetap saja sakit perut ini datang.
Setelah melahirkan anak kedua saya menjalani KB suntik per 3 bulan dimana semenjak itu saya tidak datang bulan hingga saat ini, mungkinkah sakit perut saya ini karena Kista dok..??
Terima kasih..

Seseorang
Depok, Indonesia

1 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Halo Selamat Sore,

Sakit perut bagian bawah dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab. Sehabis melahirkan rasa nyeri di bagian perut bawah dan otot-otot sekitar panggul masih tergolong normal dan dapat berlangsung hingga beberapa hari. Bila anak anda yang pertama atau kedua dilahirkan dengan cara operasi Cesar maka pada luka bekas operasi juga dapat terjadi nyeri, rasa kesemutan, atau sensasi seperti tertusuk.

Mengenai masalah tidak datang haid, hal ini disebabkan oleh suntikan kb 3 bulan yang mengandung hormon sehingga lazim mengakibatkan efek samping berupa tidak terjadinya haid.

Untuk menyelidiki sumber sakit perut yang ibu derita banyak hal yang perlu diselidiki. Apakah sakit perut tersebut disertai diare? Seberapa sering sakit perut itu timbul? Apakah setiap hari? Dan bagaimana sifatnya (apakah hilang timbul/ atau terus menerus).

Untuk sampai kecurigaan adanya kista pada indung telur ataupun pada rahim biasanya dapat ditemui pada pasien yang mempunyai adanya gejala benjolan di perut bagian bawah (apabila ukuran kista sudah cukup besar), dan hal ini harus dipastikan melalui pemeriksaan USG kandungan. Apabila setelah dilakukan USG kandungan dan tidak ditemukan kelainan, maka kemungkinan besar sakit perut yang ibu derita dapat berasal dari saluran pencernaan, atau masalah pada otot-otot di daerah perut bawah dan panggul.

Demikian, semoga membantu :)

Say Thanks
on 17 Apr 2012
in partnership with