Profile
Tumor Otak

mengapa sering pusing?

mengapa sering pusing?
Yogyakarta

dok..sudah 4 hari kepala saya tiba-tiba pusing sampai berputar terutama saat bangun tidur dan dari posisi duduk ke berdiri dan kepala terasa menekan sekali jika untuk berfikir terkadang hanya 1 tempat tapi terkadang juga full kepala..kenapa ya?apa ini cukup serius?mohon jawabannya dok.. Terimakasih

Answers

3 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Lebih mengarah ke vertigo. Apakah disertai mual muntah? Periksakan ke dokter.

  • vertigo ? apa itu bisa menjadi parah dok? saya merasa mual tapi tidak sampai muntah. apa bisa menjadi kanker atau semacamnya?

  • Selamat Pagi,

    Vertigo adalah jenis sakit kepala yang membuat penderitanya merasa sedang berputar-putar dan kehilangan keseimbangan saat sedang berdiri atau berjalan. Vertigo dapat dipicu oleh hal yang sangat sederhana, misalnya, perubahan posisi kepala yang tiba-tiba, misalnya dari posisi tidur, langsung duduk. Penyebab seseorang bisa menderita penyakit vertigo seperti di bawah ini :

    1. BPPV atau vertigo posisi
    Penyebab paling umum seseorang mengalami vertigo adalah adanya gangguan sistem vestibular atau yang sering disebut dengan Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV). Alat keseimbang manusia bersifat dinamis sehingga sangat mudah terangsang oleh gerakan putaran kepala. Bila terjadi debris (batuan kecil) pada alat keseimbangan, maka cairan endolymph akan mengalami dorongan yang lebih besar dari seharusnya dan merangsang alat keseimbangan.
    2. Kesulitan melihat
    Mata berfungsi sebagai keseimbangan tubuh, sehingga masalah pada penglihatan bisa memicu vertigo.
    3. Penyakit meniere
    Mengidap penyakit meniere merupakan salah satu terjadinya vertigo. Saat Anda mengalami meniere biasanya Anda akan mengalami pusing kronis disertai dengan gangguan telinga bagian dalam yang menyebabkan sakit kepala.
    4. Migrain
    Migrain sebenarnya merupakan jenis sakit kepala tetapi sering mempengaruhi penglihatan juga. Vertigo yang disebabkan migrain bisa berlangsung beberapa menit hingga beberapa hari.
    5. Penyakit sistem saraf pusat
    Sistem saraf pusat mengatur rasa keseimbangan. Gangguan sistem saraf pusat oleh penyakit seperti multiple sclerosis, tumor, kerusakan leher, atau stroke bisa menyebabkan vertigo.

    Ada beberapa saran untuk mengurangi atau mencegah gejala-gejala vertigo di antaranya:
    - Menghindari gerakan secara tiba-tiba agar tidak terjatuh.
    - Segera duduk jika vertigo menyerang.
    - Gunakan beberapa bantal agar posisi kepala saat tidur menjadi lebih tinggi.
    - Gerakkan kepala secara perlahan-lahan.
    - Hindari gerakan kepala mendongak, berjongkok, atau tubuh membungkuk.
    - Mintalah bantuan orang lain untuk melakukan latihan sederhana dalam upaya mengurangi gejala-gejala vertigo.
    - Kenalilah hal-hal yang dapat memicu vertigo Anda.

    Vertigo sendiri merupakan suatu gejala dan bukan sebuah penyakit. Karena itu, cara mengatasi gejala vertigo tergantung pada penyakit yang menyebabkannya. Konsultasikan hal ini kepada dokter spesialis saraf, dengan mengetahui penyebab dari vertigo suami anda, maka pengobatannya akan lebih tepat dan keluhan yang suami anda rasakan saat ini akan segera mereda.

    Sebagai tambahan informasi untuk anda, dapat dibuka link berikut ini : http://meetdoctor.com/article/vertigo-penyebab-gejala-dan-perawatannya

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.
    Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Tumor Otak ?
Ask Doctor

Popular Article

Bahaya Kematian Mengintai Penderita Sleep Apnea Bahaya Kematian Mengintai Penderita Sleep Apnea Terapi Alergi Kacang: Semakin Dini, Semakin Baik Terapi Alergi Kacang: Semakin Dini, Semakin Baik