Profile
Anxiety (Kecemasan)

mengapa setelah makan merasa mual mual?

mengapa setelah makan merasa mual mual?
Denpasar, Bali

Malam dok, Saya mau tanya. Kenapa setiap saya selesai makan selalu mual mual? Apa ini termasuk gejala maag? Setahu saya, selama ini saya tidk pernah mempunyai penyakit maag. Sya sudah mengalami indh sejak kelas 1 SMA dok. Hingga skrg saya sudah mulai kuliah rasa mual itu belum hilang juga. Dan berat badan sya tidak ad perbuahan dok. Ap yg harus saya lakukan? Trims dok.

Answers

1 answers

  • Selamat siang

    Gejala yang anda alami bisa merupakan gejala dispepsia. Dispepsia adalah sekumpulan gejala berupa nyeri, perasaan tidak enak pada perut bagian atas yang menetap atau berulang disertai dengan gejala lainnya seperti rasa penuh saat makan, cepat kenyang, kembung, bersendawa, nafsu makan menurun, mual, muntah, dan dada terasa panas yang telah berlangsung sejak 3 bulan terakhir, dengan awal mula gejala timbul dalam 6 bulan sebelumnya.

    Gejala – gejala tersebut dapat disebabkan oleh berbagai penyakit, tentunya termasuk juga di dalamnya penyakit maag, namun penyebabnya tidak harus selalu oleh penyakit maag, oleh karena itu dalam medis untuk menggambarkan sekumpulan gejala tersebut digunakanlah istilah sindrom dispepsia.

    Pengobatan akan tergantung pada penyebab dispepsia, penggunaan obat adalah pengobatan yang paling umum diterapkan. Jika ternyata ada ulkus lambung, maka itu bisa disembuhkan dengan meminum obat maag penurun asam lambung seperti antasida, ranitidin, lansoprazole dan omeprazole. Jika disertai dengan infeksi lambung, maka diperlukan juga antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab.

    Sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab kondisi anda tersebut dan pengobatan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Anxiety (Kecemasan) ?
Ask Doctor
Apa tanda hamil muda ? Tak jarang, calon ibu tak menyadari bahwa dirinya sedang hamil. Berikut beberapa ciri hamil muda. Hamil muda, Ini Tandanya Kehamilan seringkali menimbulkan nyeri punggung, karena tubuh menopang berat tambahan. Senam hamil yophytta adalah salah satu cara mengatasi nyeri punggung saat hamil. Senam Hamil Yophytta, Tubuh Bugar Saat Hamil