Profile
Kesehatan Wanita

mengapa terasa sakit saat berhubungan seks?

mengapa terasa sakit saat berhubungan seks?
Makassar

sy pengantin baru, baru 3 minggu menikah. saat pertama kali melakukan hubungan seks dengan suami, saat suami mencoba memasukkan penis ke vagina sy, sy merasa sakit. suami blg tdk apa2, wajar karena berarti selaput darax mau robek, tp sy jd takut dan minta berhenti. sampai saat ini kalo suami minta melakukan hubungan, sy masih trauma, takut sakit lg. sy harus bagaimana?

Answers

11 answers

  • Sakit ketika berhubungan seksual dalam kedokteran dikenal dengan nama disparunia. Disparunia dapat disebabkan banyak hal termasuk psikologis.
    Penyebab sakit :
    - kurangnya pelumasan biasanya disebabkan karena kurangnya pemanasan (foreplay). Cairan pelumas pada wanita hanya keluar jika ia merasa terangsang tetapi jika sedang stress atau tegang, cairan itu tidak akan keluar
    - vaginismus (pengencangan otot dinding vagina yang terjadi secara otomatis dan biasanya bersifat psikologis

    Terima kasih

  • apakah aman saat vagina dalam keadaan tegang dan penis d paksa masuk?

  • apakah aman saat vagina dalam keadaan tegang dan penis d paksa masuk?

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Sebaiknya hubungan seks dinikmati, jd mgkn ibu bisa meminta suami melakukan foreplay/rangsangan sehingga ada lubrikasi dari vagina. Atau kalo tetap sulit ibu bisa memakai K-Y Jelly dioleskan sekitar vagina agar pada saat penetrasi tdk sakit. Obat bisa beli bebas di apotik. Selamat mencoba

  • mohom maaf dr. Didi dewanto SpOG alamat praktiknya dimana dok? mohon infonya kami (saya&suami)ingin sekali program kehamilan kepada dokter karena kebetulan saya tinggal di Surabaya. Terimakasih

  • dok saya mau tanya, saya sudah 1 thun menikah tapi kenapa ya setiap berhubungan saya selalu merasakan sakit, dan perih pada saat buang air kecil. kalo suami saya minta saya selalu memberikan alasan karen saya takut dan gak kuat dengan rasa sakitnya.. mohon jawabannya ya dok..

  • Siang Dokter,
    Dok, saya mau tanya tentang miss V saya. seminggu lalu saya melakukan Steam/Ratus selama kurang lebih 15 menit. dan sepertinya uap nya terlalu panas. sejak itu, saya jadi merasa nyeri/sakit saat berhubungan intim dengan suami saya. dan ada rasa gatal serta keputihan seperti tepung basah, tapi tidak berbau busuk. apa yang harus saya lakukan dok ? mohon solusi, terima kasih...

  • User

    dok jadi itu solusi nya gimana? jangan cuman kasih penjelasan aja. ada cara buat mengurangi rasa sakitnya gak? biasa nya berlangsung sampai berapa lama rasa nyeri itu sendiri dok.
    soalnya saya kemarin baru pertama kali melakukan hubungan terasa nyeri dan sesudahnya sampai keesokan harinya juga masih nyeri dok.

  • User

    sy juga sama mbk.. trus apa yg mbk lakukan?

  • Selamat malam, Dyanita.
    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Rasa perih saat BAK dapat disebabkan karena adanya gesekan yang mengakibatkan luka atau lecet. Keadaan ini terjadi karena kurangnya cairan pelumas yang keluar.
    Seperti yang dikatakan oleh dr. Eugene, kurangnya pelumasan biasanya disebabkan karena kurangnya pemanasan (foreplay). Cairan pelumas pada wanita hanya keluar jika ia merasa terangsang tetapi jika sedang stress atau tegang, cairan itu tidak akan keluar.
    Seperti yang telah dijelaskan oleh dr. Didi, Sp.OG, bahwa sebaiknya hubungan seks dinikmati, jadi Ibu bisa meminta suami melakukan foreplay / rangsangan sehingga ada lubrikasi dari vagina. Atau dapat pula digunakan K-Y Jelly dan dioleskan sekitar vagina agar pada saat penetrasi tidak sakit. Obat bisa beli bebas di apotik.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.
    Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda :)

  • Selamat malam, Vina.
    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Jika sebelum ini, Anda tidak merasakan nyeri ketika berhubungan, maka bisa saja sekarang ini terjadi perih atau sakit ketika berhubungan karena adanya luka lecet ataupun iritasi. Keputihan normal adalah cairan vagina yang memiliki fungsi untuk membersihkan sistem reproduksi wanita. Kondisi ini terjadi pada saat wanita memasuki masa subur, sebelum dan sesudah, atau pada saat mendapat rangsangan. Ciri dari keputihan yang normal adalah cairan encer, warna cairan transparan atau bening, tidak lengket, tidak berbau, tidak menyebabkan gatal, jumlah cairan yang keluar sedikit. Anda tidak perlu khawatir jika mengalami ciri-ciri keputihan tersebut. Pasalnya, keputihan jenis ini normal dialami wanita setiap bulannya. Namun, jika Anda merasa tidak nyaman, basuhlah vagina dengan air bersih, lalu keringkan dengan handuk, dan ganti pakaian dalam Anda. Jika Anda mengalami keputihan tidak normal, Anda sebaiknya segera memeriksakan kondisi kesehatan Anda pada dokter Anda.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.
    Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda :)

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Terapi Alergi Kacang: Semakin Dini, Semakin Baik Terapi Alergi Kacang: Semakin Dini, Semakin Baik Terapi Alergi Kacang: Semakin Dini, Semakin Baik Terapi Alergi Kacang: Semakin Dini, Semakin Baik