Profile
Hamil

menghitung masa subur

menghitung masa subur
Indonesia

selamat malam Dok... saya menikah hampir 5bulan , saat ini sedang merencanakan kehamilan , tp maasih kesulitan menghitung kapan masa subur yg tepat... sudah mencoba menghitung dg kalkulator ovulasi yg byk terdapat di internet tp msh blm berhasil , mungkin krn siklus mens saya yg tdk teratur yaa Dok ? kadang 31,32,33 , membingungkan.. mohon penjelasannya Dok, thanks... :)

Answers

3 answers

  • Dear Qee Qee,
    Kalau siklus kamu tiap 31, 32, atau 33 hari, maka itu masih bisa dikategorikan teratur kok.
    Cara menghitung ovulasi (masa subur) yang mudah adalah: 14 hari sebelum terjadinya haid yang berikutnya.

    Sebagai contoh: Jika kamu haid pada tanggal 1 April, maka dari perhitungan perkiraan haid kamu berikutnya sekitar tanggal 2-4 Mei. Maka masa subur kamu akan terjadi 14 hari sebelum tanggal 2-4 Mei tersebut, yaitu sekitar tanggal 18-20 April. Nah di tanggal tersebut silakan lakukan hubungan dengan suami.

    Semoga bisa menjelaskan, dan jangan lupa juga berdoa kepada Tuhan yah. Semoga keinginan kalian untuk perencanaan kehamilan segera terkabul.

  • okay , makasih Dok..
    oia , Dok , apa benar folavit & ever E bagus utk promil ?
    trs bisa dibeli & dikonsumsi tanpa resep dokter kah ?

  • Selamat malam Ibu

    Minum obat folavit dan ever e dapat meningkat kesuburan dan baik bagi ibu yang berencana dalam program hamil. Kedua obat ini dapat diminum kapan saja, dapat sebelum atau sesudah makan.

    Folavit berisi asam folat yang baik untuk ibu hamil atau ibu yang sedang berencan hamil untuk membantu pertumbuhan janin. Kebutuhan asam folat yang cukup pada ibu hamil dapat menghindarkan janin dari kecacatan seerti neural tube defect, spina bifida. Sedangkan ever e mengandung vitamin E yang baik untuk menangkal radikal bebas yang dapat berbahaya bagi tubuh (antioksidan). Pada kehamilan, vitamin E juga dapat mencegah terjadi keguguran dan menurunkan resiko darah tinggi selama kehamilan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Salah Kaprah Pil KB yang Bisa Merugikan Salah Kaprah Pil KB yang Bisa Merugikan Benarkah Transfusi Darah Dapat Mengubah DNA? Benarkah Transfusi Darah Dapat Mengubah DNA?