Profile
Kesehatan Wanita

Mens tidak teratur

Mens tidak teratur
Yogyakarta

Dok, dulu kalau saya menstruasi selalu 7-9hari, kok sekarang2 ni, udah sekitar 3 bulanan siklus menstruasinya jd lebih singkat, yg bulan Desember cuma 4 hari, bulan januari 3 hari dan sekarang bulan februari kemarin tanggal 23 keluar deras sekali, tapi hari ini belum keluar sama sekali. Jd saya menstruasi baru 1 hari. Bagaimana ini dok? terima kasih.

Answers

1 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Menstruasi yang normal itu berlangsung antara 2-7 hari. Jadi pada saat bulan Desember dan Januari, menstruasi anda sebenarnya sangat ideal.

    Sekarang sebaiknya diobservasi dan dipantau saja dahulu siklus haidnya. Apabila bulan depan dan bulan berikutnya siklus haidnya di luar rentang 2-7 hari, maka anda boleh mencoba memeriksakan diri ke dokter kebidana dan kandungan untuk menormalkan siklus haidnya.

    Banyak faktor yang bisa menyebabkan gangguan haid yang anda alami . Salah satu faktor yang memang sering terjadi adalah adanya gangguan / ketidak seimbangan hormon.




    Pastikan pula berat badan anda ideal dan cukup waktu istirahat serta rutin berolah-raga. Ketiga faktor ini sangat menunjang kelancaran dan keteraturan siklus menstruasi.

    Terima kasih.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Virus zika sedang menjadi perbincangan karena menjadi tersangka kelainan saraf pada janin dan gangguan kesehatan lainnya. Virus ini menyebar cepat di Amerika Latin. 5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Virus Zika Multiple sclerosis adalah penyakit autoimun yang menyerang sistem sel-sel saraf yang berada di otak dan sumsum tulang belakang. Gejalanya antara lain fatigue, gangguan keseimbangan dan nyeri. Kenali Gejala Multiple Sclerosis