Profile
Menstruasi

menstruasi 2 kali dalam sebulan

menstruasi 2 kali dalam sebulan
Jakarta

Dokter, saya ingin tanya, saya pernah baca kalau menstruasi yang terjadi 2x dalam sebulan dengan jeda 4-6 hari merupakan akibat dari berbagai faktor yakni ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, pengaruh stress, diet yang tidak baik, kecapean dan kurangnya olahraga. jika kondisi seperti ini berlangsung lama apa akibatnya dok? terlepas dari berbagai faktor diatas apakah kondisi seperti ini ada kaitannya dengan genetik? dan apakah munculnya flek tersebut akibat dari dinding endometrium yang terlalu tebal sehingga hanya luruh sebagian?. terimakasih Ayunthaya, 18 tahun

Answers

1 answers

  • Selamat pagi Ibu
    Kami memahami kekhawatiran Anda siklus haid normal yaitu 28 hari dengan periode 5-7 hari. Tetapi pada umumnya tidak semua wanita mengalami menstruasi yang sama karena siklus menstruasi dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi, stress, gaya hidup, dll. Gangguan haid merupakan perdarahan haid yang tidak normal dalam hal panjang siklus haid, lama haid, dan jumlah darah haid. Gangguan pada haid bermacam-macam yaitu :
    • Amenorrhoea Keadaan di mana tidak terjadinya mentruasi selama 3 bulan berturut-turut.
    • Oligomenorea merupakan suatu kondisi dimana siklus haid lebih panjang, lebih dari 35 hari (nomal: 25-35 hari)
    • Menorrhagia perdarahan haid yang lebih banyak dari normal (lebih dari 80ml/hari) atau lebih lama dari normal (lebih dari 8 hari)
    • Metrorrhagia ; perdarahan rahim di luar waktu haid.
    Penyebab dari gangguan biasanya disebabkan oleh beberapa tahun menjelang menopause, gangguan indung telur, gangguan hormonal yang disebabkan karena stress, depresi, penurunan berat badan berlebihan, obesitas, olahraga berlebihan seperti atlit, kelainan pembekuan darah, gangguan hormon tiroid serta penggunaan obat-obatan tertentu, seperti antikoagulan, aspirin dll.
    Ada beberapa hal yag dapat anda lakukan untung mengatasi gangguan haid ini, diantaranya adalah :
    1. Menghindari aktifitas fisik yang berlebihan
    2. Menghinari stress
    3. Mengkonsumsi Gizi seimbang
    4. Menghindari minuman alkohol , rokok dan minuman soda
    Gangguan haid seperti ini biasanya bersifat sementara dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun jika berlangsung terus-menerus sebaiknya Anda segera periksakan diri ke dokter Kandungan.
    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor
    Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
5 Cara Agar BAB Lancar 5 Cara Agar BAB Lancar 5 Aplikasi yang Membantu Diet Anda 5 Aplikasi yang Membantu Diet Anda