Profile
Hamil

seks ibu hamil, kesehatan pada ibu hamil, masa kehamilan

seks ibu hamil, kesehatan pada ibu hamil, masa kehamilan
Malang

Dokter, saat usia kehamilan berapa bulan suami bisa ML lagi dengan Istri?

Answers

6 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Pada kehamilan yang normal dan tidak ada riwayat keguguran / tidak pernah terjadi keguguran sebelumnya, maka secara umum, hubungan seksual aman dilakukan saat kehamilan umur berapa saja.

    Apabila pernah terjadi keguguran sebelumnya, maka disarankan untuk memeriksakan diri dan berkonsultasi dengan seorang dokter spesialis kandungan terlebih dahulu untuk menentukan aman atau tidaknya melakukan hubungan seksual saat kehamilan kali ini.

    Pada beberapa keadaaan tertentu seperti kelainan letak plasenta / plasenta yang terletak di belakang vagina, hubungan seksual saat hamil tidak boleh dilakukan.

    Terima kasih.

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Lebih aman setelah usia kehamiilan 3 bulan, dg syarat kehamilan baik2 saja dan tdk ada keluhan kram perut maupun perdarahan pervaginam

  • dokter mau tanya doong..hehehe..bagian payudara saya kenapa ada seperti silulit (klw ga salah namanya)seperti klw kita dapet gtu..bahaya tidak yah???oh iya kebetulan saya sudah menikah baru 1 tahun..gimana tuh dok?????

  • caranya buat jendela baru bagaimana yah????

  • Selamat malam Nabilah

    Stretch mark merupakan guratan kulit yang timbul akibat regangan kulit yang terjadi lebih cepat dari perkembangan dan elastisitas kulit. Stretch mark umumnya timbul pada perut, payudara, lengan, pantat dan paha. Kondisi ini paling sering muncul pada masa kehamilan atau setelah berat badan meningkat secara drastis.

    Untuk mengatasi stretch mark berikut ini cara-cara yang dapat ditempuh:

    - Penggunaan krim penghilang stretch mark, misalnya yang mengandung ekstrak bawang dan asam hialuronik
    - Penggunaan krim yang diresepkan oleh dokter (retinoid, tretinoin)
    - Mikrodermabrasi
    - Terapi laser
    - Operasi kecantikan

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat malam,

    Stretchmark muncul karena kulit mengalami peregangan dan elastisitas kulit tidak memadai menangani peregangan yang terjadi. Akibatnya, kulit seperti pecah dan timbul garis-garis atau guratan tersebut.

    Jika sudah seperti itu, Anda bisa menggunakan krim anti stretchmark untuk membantu memudarkan guratan. Atau, jika memang guratan tersebut sudah sangat mengkhawatirkan Anda bisa menghubungi dokter. Biasanya dokter tidak menyarankan untuk penanganan dalam bentuk obat-obatan

    Stretch mark merupakan kondisi umum yang tidak selalu dapat dicegah. Meski demikian, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar stretch mark tidak berkembang :
    - Berat badan sehat

    Stretch mark paling sering disebabkan oleh pertambahan berat badan secara cepat. Oleh karenanya, jagalah bobot tubuh Anda dalam kondisi stabil. Jika ingin menurunkan berat badan, lakukan juga secara bertahap. Usahakan agar berat tubuh tidak berkurang lebih dari setengah kilogram per minggu.

    - Pola makan sehat
    Makanan sehat dan segar dapat menjaga kulit tetap sehat sehingga mencegah terjadinya stretch mark. Biasakan untuk mengonsumsi makanan yang kaya dengan vitamin E, vitamin C, serta mineral silikon dan seng.

    - Pertambahan berat badan selama kehamilan
    Anda akan lebih berisiko mengalami stretch mark jika pertambahan berat badan Anda saat hamil di atas rata-rata, misalnya antara 10-12,5 kilogram. Namun hal ini tergantung pada berapa berat badan Anda sebelum hamil. Anda dapat mengonsultasikan hal ini dengan dokter kandungan.

    dapun beberapa alternatif pengobatan untuk menghilangkan stretchmark:

    1. Terapi Laser. Terapi ini menggunakan gelombang cahaya untuk merangsang pertumbuhan kolagen, elastin atau yang memproduksi melamin dalam kulit.

    2. Tretinoin cream. Beberapa penelitian membuktikan bahwa dengan tretinion cream (Retin-A, Renova, Avita) dapat mengurangi guratan, pada mereka yang usia stretchmark nya masih muda atau baru beberapa bulan saja yang memiliki warna merah, merah muda atau ungu. Tetapi Tretinoin dapat membuat kulit Anda iritasi, makanya tidak dianjurkan selama masa kehamilan (tunggu sampai melahirkan).

    3. Microdermabrasion. Pengobatan ini menggunakan kristal yang menembus ke kulit. Kristal lembut itu mengikis permukaan kulit. Microdermabrasion adalah terapi yang menghilangkan lapisan kulit paling atas untuk mendorong pertumbuhan kulit baru yang lebih elastik. Terapi ini merupakan pilihan untuk Anda yang guratannya sudah lama (warna putih atau keabu-abuan).
    Tidak hanya terapi penyembuhan diatas saja yang bisa membantu Anda untuk mengurangi atau menghilangkan stretchmark pada tubuh. Seperti, ekstrak gotukola, minyak zaitun, vitamin dan asam buah.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Hidrasi Kunci Pulihkan Flu Dengan Cepat Hidrasi Kunci Pulihkan Flu Dengan Cepat Kanker payudara merupakan kanker yang banyak diderita orang terutama wanita. Deteksi kanker payudara sejak dini dengan melakukan pemeriksaan awal Mencegah Kanker Payudara