x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
Mual sakit kepala?
on 24 Apr 2012

Perut kok rasanya mual yah. mulut juga terasa pait. kepala sedikit pusing.

5 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Halo, Selamat Siang Sdr. Wiranata.

Coba tolong sebutkan salah satu gejala yang anda rasakan paling berat. Apakah mual, atau pusing berputar (vertigo), dan sudah berapa lama anda merasakan gejala tersebut ?

Ceritakan pula bagaimana awal mula proses terjadinya gejala tersebut, semakin lengkap keterangan dan makin spesifik gejala yang anda sebutkan maka akan menjadi lebih mudah untuk ditelaah dari sisi medis. Selain itu ceritakan pula bilamana gejala yang anda alami disertai demam, dan apakah sebelumnya anda pernah menderita gastritis / maag ?



Say Thanks
on 24 Apr 2012
Dokter
Jakarta, Indonesia

Bedakan pula antara gejala pusing dan gejala sakit kepala. Keduanya merupakan 2 gejala yang berbeda. Pusing biasanya ditandai dengan adanya sensasi berputar dan hilang keseimbangan dan hal ini dapat pula berkautan dengan rasa mual apabila gejalanya cukup berat.

Sedangkan sakit kepala adalah sensasi nyeri di daerah kepala dan wajah yang dapat dirasakan sebagai sensasi nyeri dengan karakteristik rasa seperti tertusuk, melilit, panas, atau membebani dan sebagainya. Sakit kepala dapat terjadi terus menerus maupun hilang timbul, dan dapat dirasakan di seluruh area kepala atau hanya sebagian saja (misal pada kasus sakit kepala sebelah).

Say Thanks
on 24 Apr 2012

Gejala paling berat yaitu mual dan rasa pahit di mulut. untuk kepala yang saya rasakan adalah pusing dan badan lemas.

Say Thanks
on 24 Apr 2012

Saya pernah menderita mag dan beberapa bulan yang lalu pernah terkena hepatitis a

Say Thanks
on 24 Apr 2012
Dokter
Jakarta, Indonesia

Rasa mual yang anda rasakan saat ini mungkin disebabkan oleh penyakit maag. Perhatikan pula apakah disertai gejala muntah dan apakah ada kelainan pada BAB anda (misalnya warna kotoran menjadi hitam). Gejala maag yang berat atau yang tidak dapat diatasi dengan obat-obatan antasida saja membutuhkan penanganan lebih lanjut oleh dokter.

Hepatitis A biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 1-2 bulan, dan jarang menyebabkan komplikasi yang serius.

Informasi tentang penanganan lanjutan untuk penyakit gastritis/ maag dapat anda lihat di sini :
http://meetdoctor.com/topic/gastritis-maag

Demikian, semoga lekas sembuh ya. Salam

Say Thanks
on 24 Apr 2012
in partnership with