Profile
Teeth & Mouth Health

Nafas dari Hidung dan Mulut Berbau Busuk

Nafas dari Hidung dan Mulut Berbau Busuk

Hal ini (Nafas yang keluar dari hidung dan mulut) saya alami semenjak naik kelas 3 SMA sampai sekarang udah semester 7 kuliah, kira-kira sudah 4 tahun lebih.. :( Bahkan dari jarak 10 meter pun mungkin orang sudah merasakan nafas saya yang sangat buruk dan menyengat.. :( Membuat saya malas bergaul, tidak percaya diri lagi, padahal dulu saya orangnya sangat ceria dan mudah bergaul dengan siapa saja, tapi sekarang bahkan tidak ada yang mau dekat dengan saya, bahkan dari keluarga saya sendiripun saya rasakan sikap mereka mulai berubah menjauh dari saya.. :( ahh entahlah, kadang saya tidak bisa berpikir lagi.. :( saya sangat ingin sekali sembuh dari penyakit ini, tapi tak tau harus mulai dari mana, dikarenakan saya juga malu dengan keadaan saya dan membuat saya jadi enggan bertanya pada orang2 terdekat akan apa yang harus saya lakukan? mungkin bisa dibilang saya sudah depresi.. :( saya selalu berharap ketika saya bangun dipagi hari akan ada keajaiban yang saya dapatkan dan saya sembuh, tapi tak pernah ada, saya sadar saya harus berusaha untuk mendapatkan keajaiban itu, tapi saya tak tau harus mulai dari mana.. :( sering saya mencoba mencari info tentang nafas bau busuk yang keluar dari hidung dan mulut, tapi sangat sedikit dan jarang ada yang membahas hal tersebut sampai akhirnya hari ini saya menemukan website ini, saya berharap mungkin Bapak/Ibu Dokter disini ada yang bisa membantu saya dan menyarankan apa yang terbaik yang harus saya lakukan, karena saya tak begitu bersemangat lagi menjalani hari hari saya.. :( kira-kira apa penyebab penyakit bau busuk dari hidung dan mulut yang saya alami? apakah saya bisa sembuh? dan kemanakah saya harus berobat? maksud saya apakah ke dokter gigi, THT, atau penyakit dalam? Terimakasih sebelumnya, maaf kalo saya jadi curhat Pak/Bu, saya hanya ingin menuliskan apa yang mengganjal dihati saya, agar terasa sedikit lepas.. :( Salam..

Answers

17 answers

  • Menjawab pertanyaan Alfa Adria

    Dear Alfa,
    Nafas yg busuk dari hidung dan mulut bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, bisa dari kondisi gigi n mulut yg tidak dirawat dengan baik, atau bisa juga dari penyakit kronis yg diderita baik dari hidung, tenggorokan sampai pencernaan atau penyakit dalam lainnya. Pertama2 yg harus Alfa lakukan adalah memeriksakan kondisi tersebut ke drg, nanti drg akan memeriksa kondisi kesehatan gigi dan rongga mulut kamu, apabila ada lubang, karang gigi atau infeksi2 lain didlm mulut maka drg akan membuat rencana perawatan yg komprehensif yg akan dilakukan, apabila setelah keseluruhan prwtn sudah dilakukan namun keluhan bau nafas busuk masih terjadi, ada kemungkinan ada penyakit kronis lain, Alfa bisa berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam atau ahli THT. Demikian penjelasan dari saya, semoga dapat dimengerti.

    Regards,
    Drg.Hizrita Kusumaswari, MARS
    RS Admira, Pulomas


  • Dear Alfa,
    sebaiknya anda melakukan dahulu pemeriksaan dengan dokter THT untuk melihat ada tidaknya kelainan pada organ THT anda, karena umumnya bau busuk dari hidung tersebut disebabkan karena adanya polip yang sudah meradang atau terjadi infeksi. Dan nantinya dokter THT akan memberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi anda dan anda tidak perlu kawatir atau minder lagi.

    Semoga membantu

  • drg. Melanie Husna drg. Melanie Husna Dokter Gigi

    Halo alfa,
    Sebaiknya anda segera menemui gigi untuk di cek dan dirawat apabila ada
    masalah di rongga mulut yang menyebabkan bau mulut.

    Bau mulut bisa terjadi karena penumpukan karang gigi, gigi berlubang yang
    mati (nekrosis) atau sisa akar, atau juga lidah yang kotor.

    Apabila sudah selesai perawatan dengan dokter gigi dan bau masih ada,
    kemungkinan dari pencernaan. Anda bisa menemui dr spesialis penyakit dalam
    utk konsultasi.
    Salam

  • selamat pagi saudara Alfa..
    klo saya prediksi, itu mungkin ada penyakit dari dalam atau mungkin dari rongga mulut, bkn dari gigi.
    bolehkah saya minta nomor hp anda?

  • Jakarta, Tak ada satupun orang yang tahan dengan bau mulut lawan bicaranya. Bahkan ini bisa memberi kesan buruk secara langsung kepada orang lain yang diajak berinteraksi. Beruntung ada beberapa cara yang relatif sederhana dan mudah untuk menanggulangi bau mulut alias halitosis ini.

    "Sebenarnya bau mulut berasal dari gas-gas yang dihasilkan bakteri yang menumpuk dalam mulut, gusi, gigi dan lidah. Masalahnya banyak dari gas-gas ini yang mengandung sulfur, yang membuat mereka memiliki bau busuk menyengat," terang Dr. Jeffrey Spiegel, dokter spesialis THT dari Boston, AS.

    "Cara sederhana untuk mengatasi kondisi ini tentu saja menyikat gigi dan flossing, begitu juga dengan pembersih lidah yang dapat membersihkan bakteri-bakteri berbau busuk dari balik lidah Anda," imbuhnya.

    Selain itu, ada lima cara lain yang ampuh melawan bau mulut, seperti dikutip dari Livescience, Rabu (2/10/2013) berikut ini:

    1. Kunjungi dokter gigi
    "Jika bau mulut Anda tak kunjung hilang dalam waktu lama, tak ada salahnya mengunjungi dokter gigi Anda. Sebab sekali bakteri-bakteri tertentu menempel di gigi Anda, mereka dapat membentuk plak yang harus dibersihkan langsung oleh profesional," saran Chetan Kaher, dokter gigi dari London.

    Mengapa plak ini harus segera dibersihkan? Menurut Kaher, plak-plak tersebut dapat menggerogoti gigi, tak hanya menyebabkan gigi berlubang tapi juga bau mulut. Halitosis sendiri juga dapat diakibatkan oleh kerusakan gigi dan gigi yang membusuk, dan satu-satunya cara untuk memastikannya adalah dengan menemui dokter gigi.

    2. Cek hidung
    Penyebab utama lainnya dari bau mulut adalah sekresi bau busuk dari saluran hidung seseorang akibat infeksi sinus, kehadiran bakteri-bakteri tertentu dalam hidung dan penyakit pada rongga hidung.

    "Masalah ini sudah bisa terselesaikan menggunakan metode cuci hidung dengan saline nasal. Namun jika masih membandel, ada baiknya Anda menemui dokter THT," kata Spiegel.

    3. Batu tonsil
    "Tonsil berupa gumpalan-gumpalan jaringan getah bening di bagian belakang tenggorokan ini tidak benar-benar bulat seperti permen karet tapi seperti buah prem yang memilih banyak celah dimana bakteri bisa menumpuk di dalamnya," terang Kaher.

    Terkadang batu tonsil terbentuk dari mikroba-mikroba berikut puing-puingnya yang terperangkap dalam mulut. Baik Kaher maupun Spiegel sepakat jika batu tonsil dapat menimbulkan bau busuk dan berkontribusi terhadap halitosis.

    Beruntung batu tonsil dapat dihilangkan oleh sebuah alat yang disebut Waterpik, berupa air yang disemprotkan dengan tekanan tertentu ke batu tonsil sehingga mereka bisa dikeluarkan. Tapi jika batunya cukup besar dan terus menumpuk, dokter harus segera mengeluarkannya. "Bahkan kami seringkali harus mengambil tonsil seseorang karena mulutnya begitu bau," tutur Spiegel.

    4. Pilih-pilih makanan
    Makanan seperti bawang merah maupun bawang putih telah lama diketahui dapat menyebabkan bau mulut, tapi bukan hanya karena sisa-sisanya mudah menumpuk di dalam mulut Anda. "Masalahnya pada orang-orang yang mengonsumsi bawang putih, misalnya, senyawa kimia dari makanan tersebut akan dibawa masuk ke dalam tubuh oleh sel-sel darah dan dikeluarkan melalui paru-paru," jelas Spiegel.

    Itulah mengapa napas Anda benar-benar bau seusai mengonsumsi bawang putih, dan bau ini tak hanya berasal dari mulut Anda. Namun tak ada yang bisa mengatasinya selain menunggu sampai baunya reda sendiri, menutupinya dengan mengunyah permen mint atau penyegar mulut, atau menghindari makanan yang mengandung bawang putih.

    5. Periksa isi perut
    Jika hal-hal di atas bukanlah penyebab bau mulut Anda atau bau mulut Anda tak kunjung reda, maka sudah saatnya Anda menemui dokter. Pada beberapa kasus tertentu, masalah perut juga dapat menyebabkan bau mulut.

    Salah satu penyebab utamanya adalah gangguan refluks asam, dimana asam dan kandungan perut lainnya bocor dan keluar dari organ tersebut, lalu masuk ke kerongkongan. Untungnya kondisi ini dapat diobati dengan meminum antasida.
    http://health.detik.com/read/2013/10/02/083938/2375106/763/tidak-percaya-diri-karena-bau-mulut-atasi-dengan-cara-simpel-ini

  • Halo Alfa, sepertinya saya juga mengalami apa yg kamu alami. bisakah saya menghubungi km? Mungkin kita bisa berbagi / sharing mengenai hal ini..

  • PermIsi alfa sepertinya kita mengalami hal yang sama apakah anda bisa saring tentang apa yg anda alami ??? Hubungi saja ke no ini 089675572181

  • 081260594035 'buat aldo dan siapa aja boleh' yg minta no hp saya

    alfa aldria

  • Apa yang anda alami sama persis dengan yang saya alami. Sejak sekitar 10 tahun lalu. Saya mengalami bau mulut. Saya sudah periksa ke dokter THT dan periksa gigi. Tetapi, tetap saya bau busuk itu tidak mau hilang. Saya sangat berputus asa dan sangat minder. Bertemu dengan orang itu seperti momok buat saya.. Saya sudah tidak tau lagi harus bagaimana.

  • Selamat pagi Ibu
    Selamat datang di layanan konsultasi Meetdoctor,

    Kami memahami kekhawatiran Anda, sebelumnya kami perlu mengetahui apakah Anda memiliki keluhan lain seperti nyeri dan merasa tertekan pada wajah, hidung tersumbat, Lendir yang mengalir ke belakang tenggorokan sebelum tertelan, batuk, masah pada gigi dan gusi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor
    Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

  • saya juga mengalami bertahun2 sampai sekarang, tolong dibantu kawan, saya jadi minder ini no hp saya 085281505126

  • Saya memiliki penyakit yang sama halnya dengan beliau, sejak kelas 4 sd hingga kuliah semester 3 saya menderitanya. Saya sudah pernah coba cek sinusitis pada dokter tht di rumah sakit dengan hasil rontgen bahwa saya tidak mengidap sinusitis, dokter meberikan obat tetapi bau tersebut tidak kunjung hilang, oleh sebab itu saya coba alternatif gurah dengan mengeluarkan semua cairan pada hidung dan tenggorokan, tetapi sama halnya bai tersebut juga tidak hilang, setelah itu saya mencoba cek paru paru saya apa saya mengidap paru paru basah ternya hasil rontgen pun saya tidak mengidap paru paru basah, tetapi saya juga diberi obat oleh dokter dan bau tersebut juga tidak hilang. Jadi menurut dokter apa yg menyebabkan bau busuk pada mulut dan hidung saya kenapa tidak kunjung hilang selama bertahun tahun tersebut? Sedangkan gigi saya terawat dan bersih dok, hanya dulu pernah berlubang dan sudah saya tambal dengan segera.

  • dr. Gavrila Marta dr. Gavrila Marta Dokter Umum

    Selamat Sore Haffiz,
    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Benar sekali bau mulut dapat disebabkan oleh gangguan-gangguan pada gigi dan THT. Jika anda sudah memeriksakan pada area-area tersebut dan didapati tidak ada kelainan, maka mungkin harus dipikirkan adanya gangguan pada organ pencernaan anda. Berikut pertanyaan yang bisa anda jawab:
    - Apakah anda sering mengalami nyeri atau perih pada daerah ulu hati
    - Apakah anda sering terlambat makan
    - Apa anda sering mengalami perut kembung atau adanya angin yang berpindah-pindah dalam perut
    Jika jawabannya ya, maka mungkin anda menderita sakit maag. Perlu diketahui bahwa sakit maag atau adanya gangguan pada lambung juga dapat menyebabkan nafas berbau busuk.

    Gangguan lain yang dapat menyebabkan bau busuk pada mulut antara lain:
    - merokok
    - obstruksi atau radang pada organ pencernaan
    - adanya gangguan pada liver
    - adanya gangguan pada ginjal
    - penyakit diabetes

    Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam untuk mencari kemungkinan adanya penyakit lain yang menyebabkan bau busuk pada mulut dan hidung tersebut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

  • Assalaamualaikum wr. wb.

    Bagaimana kabarnya Sdr. Alfa....? masih semangat.....? pastinya tetap semangat menjalani hidup ini ya....
    Pasti ada jalan kesembuhan bila sdr. Alfa ada niat untuk sembuh dari penyakit tsb....

    Bagaimana...sudah ke rumah sakit untuk keluhan tersebut...?

    Saran saya secepatnya periksakan ke rumah sakit yang lengkap ada dr gigi, dr. sp THT, dr. sp. Paru, dr. sp dalam.......

    Kalau sdr Alfa binggung saat berobat ke rumah sakit untuk menentukan berobat ke spesialis apa ? lebih baik serahkan ke pihak rumah sakit ya sdr Alfa....karena penyakit sdr. Alfa ini merupakan kolaborasi dari berbagai spesialis nantinya untuk menunjang hasil yang menyeluruh maksimal, dan itu hanya dokter yang berhak konsul ke dokter sp lainnya menurut pengamatannya saat menangani sdr. Juga tergantung pihak rumah sakit akan di masukkan ke bagian apa dulu......

    Bisa jadi sdr. Alfa masuk ke poli paru untuk dilakukan pemeriksaan lengkap, kemungkinan adanya bakteri anaerob yang bertahan hidup dalam rongga dada/ paru - paru sehingga bakteri tersebut mengeluarkan nafas yang kurang sedap. Dan ini membutuhkan waktu lama juga untuk penyembuhan.

    Jadi tetap semangat untuk sembuh dan berobat mulai sekarang....serta motivasi diri terpenting, cari lingkungan positif yang mendukung saudara, hindari lingkungan negatif yang membuat saudara minder.

    Semoga Bermakna dan terimakasih menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.

    Salam dr. Yuni

  • Saya denger mas Alfa udah sembuh ya pakai obat tradisional, boleh dishare pengalamannya?

  • Alfa..sdhkah anda sembuh dari masalah ini? Sy jga mengalami masalah yang sama.dan sy sgt tertekan dan buntu untk berbuat apa lg.jika alfa sdh pulih bleh bkgsi dgn sy apa yg alfa telah lakukan? Sy sgt perlukan bntuan.tlg ya alfa..ini wasap sy +06 01131504842

  • Saya juga mengalami masalah yang sama dengan saudara alfa.apa yg harus saya lakukan? Saya perlu bantuannya tlg ya alfa..ini whatsap saya 083847441239

Anda punya pertanyaan seputar Teeth & Mouth Health ?
Ask Doctor
Kaki Tetap Sehat Dengan Sepatu Hak Tinggi Kaki Tetap Sehat Dengan Sepatu Hak Tinggi Ini Sebabnya Orang Kembar Lebih Panjang Umur Ini Sebabnya Orang Kembar Lebih Panjang Umur