Ngorok pada anak bayi
on 03 Oct 2012

Salam Kenal Dok,

Anak bayi saya berumur 3 bulan, dia sering mengalami gangguan pernafasan seperti ngorok baik saat tidur atau pun terbangun.. karena saya kadangan melihat nya kasihan seperti susah bernafas.. saya pernah konsultasi sebelumnya dengan dokter anak setelah di cek ternyata anak tidak kelainan apapun, dok anak saya berkata itu biasa atau bisa dari tidak cocok nya susu formula, karena bayi saya terkadang sesekali juga memakai formula. Minta penjelasan nya dok ?? Itu saja..

Terimakasih
Salam

kang.iyo
Bandung

2 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Selamat sore,

Bayi ngorok adalah wajar selama bayi bisa menyusui, tidak sesak, dan tidak demam. Bayi ngorok disebabkan karena penyumbatan pada jalan nafasnya, jadi aliran udara yang masuk dan keluar dari paru-paru tidak lancar sehingga timbul bunyi nafas.

Hal ini bisa disebabkan karena bayi tidur terlalu pulas sehingga otot lidah jatuh ke belakang dan menyumbat saluran nafas. Selain itu bisa juga disebabkan karena alergi seperti susu dan yang lainnya. Cara mengatasinya adalah hindari pencetus alergi tersebut. Dan saat tidur anda dapat rmengubah posisinya dengan memiringkannya atau membuatnya tengkurap.

Semoga membantu

Say Thanks
on 03 Oct 2012
Bandung

Terimakasih atas infomasinya Dok

Say Thanks
on 03 Oct 2012
in partnership with