Profile
Sexual Health

normal apa tidak haid 2 minggu lebih pasca pasang kb iud

normal apa tidak haid 2 minggu lebih pasca pasang kb iud
Bandung

saya sudah 2 minggu lebih beralih kb dari suntik 3 bulan ke kb uid menggunakan nova T, tapi dari semenjak pasang sampai saat ini, masih suka nyeri di bagian perut bawah (rahim) dan darah pun tak kunjung berhenti seperti darah haid. apakah itu normal dok? pernah berhenti sehari, tapi besoknya keluar lagi darah banyak.

Answers

1 answers

  • Selamat siang

    KB Spiral atau IUD (intra uterine device) adalah perangkat plastik berbentuk T kecil yang dimasukkan ke dalam rahim untuk mencegah kehamilan.

    Alat KB spiral atau IUD ada dua macam, yaitu:
    1. IUD Tembaga (Cu, Copper). Jenis IUD yang paling banyak digunakan. IUD tembaga ini bisa digunakan hingga 10 tahun dan merupakan salah satu jenis kontrasepsi yang sangat efektif.
    2. IUD hormonal. Hormon yang terkandung adalah jenis progestin, levonorgestrel. IUD hormonal tampaknya sedikit lebih efektif dalam mencegah kehamilan daripada IUD tembaga. Durasi penggunaan 3-5 tahun.

    Efek Samping KB Spiral atau IUD
    1. Rasa Nyeri
    Sebagian wanita akan mengalami nyeri punggung dan kram seperti nyeri haid yang terjadi dalam beberapa jam setelah pemasangan spiral.
    2. Gangguan Mentruasi
    IUD tembaga dapat meningkatkan pendarahan menstruasi atau nyeri haid (dismenore). Perempuan juga bisa mengalami bercak (ngeflek) antara periode menstruasi. Sedangkan IUD hormonal dapat mengurangi masalah ini.

    Gejala yang ibu sampaikan memang merupakan efek samping dari kontrasepsi yang ibu gunakan, sebaiknya ibu berkonsultasi ke dokter spesialis obstetri dan ginekologi untuk pemilihan jenis kontrasepsi yang paling sesuai dengan kondisi ibu.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Sexual Health ?
Ask Doctor
Tetap Berolahraga Selama Puasa? Tetap Berolahraga Selama Puasa? Tetap Berolahraga Selama Puasa? Tetap Berolahraga Selama Puasa?