NORMALKAH MENSTRUASI LEBIH DARI 2 MINGGU SETELAH PASANG IUD?
on 25 May 2012

Slmat Siang Dok,,
Saya mau menanyakan ttg IUD,23 April kmrin sya psang IUD.
10 hr setelah pemasangan sya kontrol kta bidannya bagus tidak ada masalah. Tp setelah kontrol saya mens dok smpai skrg,yg mau sya tanyakan normal gak dok klau menstruasiny sdh lbh dr 2 mnggu..? TRIMA KASIH SEBELUMNYA

2 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Halo, selamat pagi, Ibu Whien.

Ada dua jenis darah yang keluar, dapat merupakan darah akibat pemakaian IUD, umumnya tidak berlangsung lama, warna merah segar, kadang disertai kontraksi rahim, yang akan dirasakan sebagai perasaan mulas. Dapat juga berupa darah haid, kalau memang saat itu sudah memasuki saat menjelang haid, darah biasanya merah kehitaman, lamanya sesuai dengan lamanya haid yang biasa terjadi.

Sehingga menjawab pertanyaan Anda, maka perdarahan yang Anda alami sekitar 14 hari, dengan diawali dan diakhiri dengan flek selama 3 hari, maka sebenarnya haid yang sebenarnya adalah dalam 8 hari tersebut. Flek diawal dan diakhir periode tersebut dianggap sebagai darah spotting akibat pemakaian IUD.

Flek tersebut umumnya belum dapat dianggap sebagai haid. Pada saat Anda belum memakai IUD, maka fase tersebut tampak, karena belum ada benda asing yang mengisi rongga rahim. Pada saat menjelang haid, dinding rahim tersebut mulai rapuh (karena pengaruh hormon), sehingga karena adanya pemakaian spiral maka dinding rahim akan seperti terkikis, sehingga keluarlah flek. Maka untuk para pemakai IUD, bila terjadi flek di luar masa haid, itu dianggap sebagai efek dari pemakaian IUD tersebut dan masih dalam batas normal.

Demikian dan semoga bermanfaat.

1 Thanks
on 25 May 2012
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Surabaya

Pada tahap awal pemasangan IUD memang biasa bu keluhan mens yg banyak tsb. Saran saya ibu minum obat Transamin 500 mg 3x1 dan Mefinal 500 mg 3x1, agar perdarahan bisa berhenti

1 Thanks
on 25 May 2012
in partnership with