Profile
Health A-Z

nyeri dada berpindah-pindah

nyeri dada berpindah-pindah
Balikpapan

dok mau tanya, saya sering merasakan nyeri kadang di dada kiri kadang di dada kanan dan kadang di dada bagian tengah. rasa nyeri seperti ditekan pada satu titik kadang dibagian dada kiri atas kadang dibagian dada kiri bawah begitupun bagian dada kanan dan tengah, kadang tulang dada juga terasa nyeri bila ditekan, kadang nyeri tergantung posisi badan, kadang juga tidak. seringnya nyeri hilang setelah saya gosokkan minyak untuk otot, minum air hangat+jahe, minum ibu profen. aktifitas saya tidak berpengaruh, seperti lari kerja, angkat berat, kerja seharian. kira2 kenapa ya dok? mohon sarannya~ terima kasih

Answers

4 answers

  • Selamat malam, Heri

    Dari cerita anda kemungkinan nyeri berasal dari otot ataupun saraf.

    Bisa akibat trauma pada dada ataupun iritasi pada saraf.

    Lakukan pemeriksaan lebih lanjut keee dokter spesialis penyakit dalam.

  • iya dokter~ terima kasih banyak atas penjelasan dan sarannya

  • dok saya sudah periksakan ke SPD. jawabannyaa disuruh streching 5-10 menit. tapi sampai sekarang masih terasa nyeri2. kemarin pas periksa ada disuruh batuk[sengaja] terasa nyerinya, trus disuruh angkat tangan tinggi2 trus disuruh batuk [sengaja] lagi nyerinya hilang. yang buat saya bingung kemarin pas disuruh turun/naik tangan + batuk emang ada perbedaannya yaitu nyeri dan tidak?? kemarin saya buru2 lupa nanya kedokternya kenapa bisa nyeri. dokternya cm kasih ibu profen + saran stretching. kira2 kenapa yah dokter?

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat pagi,

    Nyeri dada harus ditanggapi secara serius karena selain bisa menjadi gejala dari berbagai penyakit, nyeri dada juga bisa menjadi gejala serangan jantung, paru paru, organ pencernaan.

    Ada 2 macam jenis nyeri dada yaitu:
    A. Nyeri dada pleuritik
    Sifatnya tajam dan seperti ditusuk. Bertambah nyeri bila batuk atau bernafas dalam dan berkurang bila menahan nafas atau sisi dada yang sakit digerakan
    B. Nyeri dada non pleuritik
    Nyeri dada non pleuritik Nyeri dada non-pleuritik biasanya lokasinya sentral, menetap atau dapat menyebar ke tempat lain. Plaing sering disebabkan oleh kelainan di luar paru.

    Nyeri dada sering dikaitkan dengan penyakit jantung, namun banyak nyeri dada yang tidak diakibatkan oleh penyakit jantung, seperti masalah pencernaan, otot dan tulang.

    Berikut adalah contoh penyebab nyeri dada yang umumnya tidak tergolong gawat:

    Cedera pada otot rongga dada atau/dan tulang rusuk.
    Penyakit asam lambung dan nyeri ulu hati (GERD).
    Mastitis atau peradangan pada jaringan payudara.

    Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda nyeri dada yang umumnya tidak berhubungan dengan jantung:

    Dada terasa nyeri saat batuk atau menarik napas panjang.
    Sulit menelan.
    Dada terasa sakit saat ditekan.
    Nyeri ulu hati atau serasa makanan dari lambung naik kembali ke kerongkongan.
    Rasa nyeri yang bertambah parah atau membaik saat mengubah posisi tubuh.

    Apabila gejala nyeri dada hanya muncul saat tidur miring atau posisi membungkuk maka gejala ini mengarah ke diagnosis adanya peradangan pada saraf di daerah iga (intercostal neuritis), kemungkinan diagnosis yang lain adalah peradangan rongga pleura (pleuritis), dan masalah pada persendian iga (costochondral syndrome/ costo-chondritis).

    Apabila masalahnya hanya terletak pada masalah persendian dan otot di dada. Obat anti nyeri seperti ibuprofen (3 x 200 mg) per hari disertai dengan kompres hangat (hot packs) selama kurang lebih 10 menit dan pemijatan di otot dada/ bagian yang sakit biasanya sudah dapat membantu meredakan nyeri.

    Apabila hal di atas tidak membantu, maka saya sarankan anda untuk memeriksakan diri guna mencari tahu penyebab nyeri dada tersebut. Biasanya dokter akan melakukan EKG (elektrokardiografi) dan rontgen dada untuk memeriksa apakah nyerinya berhubungan dengan masalah jantung dan paru atau tidak.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Health A-Z ?
Ask Doctor
Kista payudara diawali benjolan. Berbahayakah? Kista Payudara, Penyebab dan Gejalanya Pilih bra karena motif dan warna? Awas sakit punggung! Bra yang Tepat: Dari Ukuran Hingga Tali