Profile
Health A-Z

nyeri dada sebelah kanan atas

nyeri dada sebelah kanan atas
Surabaya

Dear Doktor, Saya Nuel di Surabaya. maaf mungkin pertanyaan ini sudah pernah ditanyakan sebelumnya, sudah dua hari ini dada sebelah kanan atas saya nyeri ketika ambil nafas dan batuk, untuk tidur dengan posisi telentang maupun miring juga nyeri, dan sekarang saya juga pilek, ini apakah masuk angin biasa atau ada hal lain ya dok? sebelumnya saya belum pernah merasakan nyeri di dada sebelah kanan atas. Mohon sarannya apa yang harus dilakukan. Terima kasih banyak

Answers

7 answers

  • Selamat pagi,

    Dari cerita anda kemungkinan ada gangguan paru-paru anda. Yaitu peradangan pada selaput paru-paru/pleuritis. Hal ini biasanya disebabkan karena infeksi pada paru-paru.

    Saran saya lakukan pemeriksan lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam, kemungkinan diperlukan pemeriksaan foto rontgen dada(thorax).

    Semoga membantu

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum


  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Sebenarnya, tidak ada istilah masuk angin. Apakah nyeri dirasakan terus-menerus? Dapat saja hanya masalah otot atau dapat juga gangguan pada selaput paru-paru. Tidak dapat dipastikan bila hanya dari cerita Anda, baiknya diperiksakan ke dokter.

  • terima kasih buat saran nya Dr. Fresia dan Dr.Alan, rencananya saya akan coba ke Doktor spesialis penyakit dalam yang ada di Surabaya. Terima kasih

  • saya mengalami hal yang sama, tapi saya rasakan sakit di dada atas itu bila kecapekan. apakah ini berhubungan?

  • dear dokter,,

    saya ingin menanyakan apakah nyeri dada di sebelah kanan atas itu berbahaya? pada awalnya saya radang tenggorokan sakit untuk bernafas, kemudian saya merasakan nyeri di dada bagian kanan atas dan tengah. kira2 sudah tiga minggu ini, setelah olah raga pagi lompat tali dan setelah sarapan pagi,, dada kanan atas saya terasa nyeri,, untuk tarik nafas agak berat,, mohon sarannya apa yang harus saya lakukan,, terimakasih banyak.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat malam,

    Nyeri dada harus ditanggapi secara serius karena selain bisa menjadi gejala dari berbagai penyakit, nyeri dada juga bisa menjadi gejala serangan jantung, paru paru, organ pencernaan.

    Nyeri dada sering dikaitkan dengan penyakit jantung, namun banyak nyeri dada yang tidak diakibatkan oleh penyakit jantung, seperti masalah pencernaan, otot dan tulang.

    Berikut adalah contoh penyebab nyeri dada yang umumnya tidak tergolong gawat:

    Cedera pada otot rongga dada atau/dan tulang rusuk.
    Penyakit asam lambung dan nyeri ulu hati (GERD).
    Mastitis atau peradangan pada jaringan payudara.

    Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda nyeri dada yang umumnya tidak berhubungan dengan jantung:

    Dada terasa nyeri saat batuk atau menarik napas panjang.
    Sulit menelan.
    Dada terasa sakit saat ditekan.
    Nyeri ulu hati atau serasa makanan dari lambung naik kembali ke kerongkongan.
    Rasa nyeri yang bertambah parah atau membaik saat mengubah posisi tubuh.

    sebaiknya anda memeriksakan kedokter guna mengetahui lebih dalam keluhan nyeri dada anda dengan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Health A-Z ?
Ask Doctor
Pro dan Kontra Bekam Pro dan Kontra Bekam Bahaya Kematian Mengintai Penderita Sleep Apnea Bahaya Kematian Mengintai Penderita Sleep Apnea