Profile
Tulang, Sendi dan Otot

Nyeri pada dada sebelah kanan

Nyeri pada dada sebelah kanan
Jogjakarta

Dok, saya mengalami nyeri pada dada sebelah kanan. Nyeri kalau untuk mengambil nafas dalam". Untuk tidurpun posisi telentang dan miring juga sakit. Sy sudah minum paracetamol, nyerinya agak berkurang, tapi kalau untuk mengambil nafas dalam" masih nyeri. Saya punya riwayat scoliosis. Apakah nyeri tsb ada hubungannya dengan scoliosis sy, atau ada penyebab lain? Terima kasih

Answers

4 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Selamat siang,

    Ya. Kemungkinan memang nyeri tersebut berhubungan dengan kondisi scoliosis . Pada scoliosis dengan sudut Cobb yang cukup besar dapat terjadi gejala nyeri dada dan kesulitan bernafas akibat pembelokan tulang punggung yang menggeser posisi normal hubungan antara iga dan tulang dada.

    Hal tersebut menyebabkan rongga dada (thorax) tidak dapat berekspansi dan menyusut dengan optimal. Hal inilah yang menyebabkan sesak nafas dan nyeri dada.

    Segera konsultasikan hal ini ke dokter spesialis orthopedi di kota anda. Sebagai penanganan alternatif untuk kondisi scoliosis, anda juga dapat mencoba terapi chiropractic. Untuk informasi tentang terapi chiropractic anda dapat melihatnya di sini :

    http://meetdoctor.com/topic/chiropractic

    Demikian, semoga membantu. Terima kasih.

  • dok... saya mau bertanya scoliosis itu apa? dan disebabkan oleh apa? makasih dok sebelumnya

  • Selamat sore,

    Kemungkinan besar tidak ada hubungannya dengan skoliosis yang ana derita.

    Apakah ada batuk-batuk belakangan ini? Sesak?
    Nyeri bisa disebabkan oleh otot ataupun infeksi pada selaput paru.

    Lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat jika gejala tidak berkurang.

    Semoga membantu

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat sore,

    Skoliosis merupakan kelainan postur dimana sekilas mata penderita tidak mengeluh sakit atau yang lain, tetapi suatu saat dalam posisi yang dibutuhkan suatu kesiapan tubuh membawa beban tubuh misalnya berdiri, duduk dalam waktu yang lama, maka akan membuat kerja otot tidak akan pernah seimbang. Hal ini dikarenakan akibat suatu mekanisme proteksi dari otot – otot tulang belakang yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh justru berkerja berlebihan dikarenakan pada salah satu sisi otot yang tidak sempurna. Sehingga yang terjadi dalam waktu yang terus menerus adalah ketidakseimbangan

    Penanganan skoliosis dapat secara nonoperatif dan operatif. Tujuan penanganan tersebut untuk menghentikan progresivitas tulang dan membuat badan lebih seimbang.

    Cara nonoperatif berupa olahraga seperti renang, perenggangan, fisioterapi, dan olahraga punggung. Tujuannya untuk menguatkan otot punggung. Terapi ini untuk skoliosis dengan derajat kurva dibawah 20.

    Sedangkan untuk skoliosis dengan derajat 20-40 derajat, perlu menggunakan brace atau rangka.

    Untuk pembengkokan yang kurvanya lebih dari 40 derajat tidak dapat dilakukan tindakan nonoperatif. Untuk mengatasinya perlu tindakan operatif.

    Skoliosis pada umumnya tidak akan menimbulkan komplikasi yang berat terkecuali gangguan postur tulang belakang tsb telah mempengaruhi fungsi otot pernapasan. Pada skoliosis, gangguan kesejajaran tulang belakang akan mempengaruhi tarikan dan regangan pada otot di sekitarya sehingga seringkali dijumpai nyeri pinggang/ punggung. Keluhan inilah yang utamanya dirasakan mengganggu pada penderita skoliosis.

    untuk tambahan informasi berikut artikel tentang skoliosis :
    http://meetdoctor.com/topic/skoliosis-1
    http://meetdoctor.com/article/skoliosis-gejala-dan-terapinya
    http://meetdoctor.com/article/3-latihan-memperbaiki-skoliosis

    terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor, semoga jawaban yang diberikan bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Tulang, Sendi dan Otot ?
Ask Doctor
Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes dan Darah Tinggi Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes dan Darah Tinggi Kenali Tanda Awal Kehamilan Kenali Tanda Awal Kehamilan