Obat Pregnyl & Solvens Pro Pregnyl (Obat Suntik)
on 22 Feb 2013

Hai Dokter...
Saat ini saya hamil masuk usia 5 minggu, saya diberikan resep obat Glucophage 500mg, Cardio Aspirin Tab, dan Utrogestan 200mg dimana salah 1 obat tersebut dikatakan untuk obat DM/kencing manis, saya diberikan obat tersebut karena ada turunan keluarga yg memiliki riwayat sakit tersebut. Tapi saat ini saya sedang hamil muda, apakah tidak berbahaya mengkonsumsi obat tersebut?

Lalu oleh dokter saya dianjurkan suntik dengan Pregnyl & Solvens Pro Pregnyl di RS setiap seminggu sekali, katanya karena hormon/haid saya tidak teratur, dan sempat diinfokan karena janin menempel atau apa (saya kurang mengerti).

yang saya ingin tanyakan :
1. Obat Pregnyl & Solvens Pro Pregnyl (Obat Suntik) sebenarnya obat apa, apakah memang saya harus suntik obat tersebut ?
2. ketiga obat yang lainnya (Glucophage 500mg, Cardio Aspirin Tab, dan Utrogestan 200mg) apakah memang bagus untuk kehamilan saya, adakah yang berbahaya. Atau mungkin ada sesuatu pada kehamilan saya sehingga harus mengkonsumsi obat tersebut.


Saya mohon jawaban dokter.
Terima kasih sebelumnya.

Eka Sari
Jakarta Timur

2 Answers

Dokter
Jakarta

Selamat siang Eka Sari,
konsumsi obat DM dan hipertensi sebenarnya disesuaikan dulu dengan kondisi ibu sekarang walaupun memiliki riwayat keluarga DM dan hipertensi. Bila kadar gula darah dan tekanan darah normal sebenar tidak diharuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan tersebut.

Sedangkan pregnyl dan Solvens Pro Pregnyl adalah hormon yang diberikan untuk membantu mempertahankan kandungan anda.

semoga membantu

Say Thanks
on 23 Feb 2013
Jakarta Timur

terima kasih dok atas jawabannya,
tapi kenapa saya dianjurkan untuk minum obat tersebut (Glucophage 500mg dan Cardio Aspirin Tab) yah? memang sih Glucophage 500mg diminum 1/2 tablet 2x sehari dan cardio aspirin 1 tablet setiap hari.


Berarti untuk pregnyl memang untuk menjaga janin yah, sama hal nya Utrogestan 200mg sebagai penguat janin. benar dok?

thanks

Say Thanks
on 24 Feb 2013
in partnership with