Profile
Kesehatan Wanita

Pap Smear

Pap Smear
Kuta Bali

Malam dok, apa sebenarnya Pap smear itu? bagaimana tekniknya? gunanya utk apa? saya seorang ibu beranak 1, baru melahirkan 4 bulan yg lalu secara caesar. apakah perlu saya melakukan pap smear? kalau boleh tau, brp kisaran biayanya ya dok? makasih dok.

Answers

4 answers

  • dear,

    Pap smear atau test pap adalah screening test untuk mendeteksi perubahan sel sel yang terjadi di dalam leher rahim. Perubahan sel rahim yang terdeteksi secara dini akan memungkinkan beberapa tindakan pengobatan diambil sebelum sel-sel tersebut berkembang menjadi sel kanker. dapat dilakukan oleh bidan ataupun dokter spesialis Kandungan.
    Cara melakukan tes papsmear secara teknis yaitu pengambilan sapuan lender dengan menggunakan spatula atau sejenis sikat halus dari leher rahim melalui vagina. Dokter akan membuka liang vagina menggunakan alat yang disebut sebagai speculum vagina atau dikenal juga dengan istilah cocor bebek, tidak perlu takut, karena pap smear umumnya tidak sakit.
    Pap smear dianjurkan dilakukan oleh setiap wanita, terutama mereka yang telah berkeluarga dan sudah pernah melahirkan karena merupakan faktor risiko kanker leher rahim, sangat baik dilakukan 1 tahun sekali.
    untuk biaya sangat bervariasi ditiap tempat pelayanan kesehatan, berkisar 100-200rb, dapat dilakukan di laboratorium atau tempat pelayanan poli ibu dan anak.

  • dr. Didi Dewanto, SpOG dr. Didi Dewanto, SpOG Obstetri & Ginekologi (OBGYN)

    Papsmear perlu dilakukan utk wanita yg sdh menikah dan sdh punya anak. Dilakukan dg cara spt pd pemeriksaan dalam vagina, dan diusap mukosa cervixnya utk diperiksakan Patologi Anatominya. Biaya sekitar 100 ribu s/d 400 ribu tergantung metode papsmearnya. Yg terbaru adalah Thin-Prep. Utk ibu sebaiknya nanti setelah 6 bln dari melahirkan papsmearnya

  • dok apakah pap smear ini cuma dilakukan oleh yang sudah berhubungan atau bisa juga bagi wanita yang belum berkeluarga? thanks

  • Hallo selamat pagi..

    Pap smear dilakukan pada wanita yang sudah menikah atau sudah aktif berhubungan seksual, terlebih jika memiliki faktor risiko (contoh ibu kandung memiliki riwayat penyakit kanker serviks atau kebiasaan sering berganti pasangan). Papsmear tidak dilakukan pada yang belum menikah.

    Papsmear dilakukan 2 tahun sekali. Namun pada wanita di atas 30 tahun disarankan rutin melakukan pap smear 1 tahun sekali, karena kejadian kanker serviks yang meningkat pada umur tersebut.

    Berikut artikel terkait
    http://meetdoctor.com/mobile/article/pap-smear#/page/2

    Terimakasih..
    Semoga bermanfaat..

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Wanita ?
Ask Doctor
Amankah Minum Dari Gelas Yang Sama? Amankah Minum Dari Gelas Yang Sama? Ini Sebabnya Orang Kembar Lebih Panjang Umur Ini Sebabnya Orang Kembar Lebih Panjang Umur