Profile
Health A-Z

Pelebaran pembuluh darah

Pelebaran pembuluh darah
Bandung

Apa yang di maksud pelebaran pembuluh darah pada ibu hamil? Apa penyebabnya dan bagai mana mengatasi nya

Answers

1 answers

  • Selamat pagi

    Apakah yang dimaksud dengan pelebearan pembuluh dari di kaki atau lutut? Jika ya kemungkinan yang anda maksud adalah varises. Varises terjadi karena adanya pembuluh darah balik (vena) yang mengakibatkan penurunan pada dinding vena. Varises dapat terjadi di kaki (terutama di belakang lutut), pada keadaan wasir atau diarea kewanitaan anda. Varises yang terjadi pada kehamilan karena hormon progesteron kehamilan.

    Pertumbuhan bayi anda memberikan tekanan pada pembuluh darah di panggul dan pada pembuluh darah besar. Vena memiliki katup yang menghentikan darah yang kembali ke jantung dari mengalir mundur. Ketika katup ini tidak bekerja dengan baik pembuluh darah menjadi sesak dan mengakibatkan darah bertambahan. Dinding pembuluh darah mulai meregang dan membengkak vena, membuatnya terlihat di bawah kulit Anda.

    Meskipun varises tidak akan menggangu perkembangan janin anda akan tetapi kondisi yang semakin buruk dari varises mungkin terjadi dikarenakan kelebihan berat badan ketika anda hamil, keadaan berat badan janin anda, atau kehamilan bayi kembar. Varises yang terdapat pada area kewanitaan akan menghambat persalinan, pada kondisi yang parah akan mengakibatkan persalinan caesar. Resiko varises akan semakin besar pada anda yang mengalami kehamilan pada usia 40 tahun keatas sebab terjadi penebalan dinding pembuluh darah yang menghambat aliran vena sehingga memudahkan varises muncul.

    Berikut hal yang anda bisa lakukan untuk mengurangi gejala varises:

    1. Konsumsi makanan sehat
    2. Perbanyak minum cairan / air putih
    3. Latihan selama kehamilan
    4. Hindari penggunaan sepatu hak tinggi
    5. Hindari memijat mijat bagian varises

    Saran saya untuk konsultasi lebih lanjut ke dokter agar dilakukan pemeriksaan dan analisis lebih dalam unutk menentukan penyebab. Terimakasih telah menggunakan meetdoctor. Semoga bermanfaat

Anda punya pertanyaan seputar Health A-Z ?
Ask Doctor
Tunda Penuaan Dini dengan Buah Delima Tunda Penuaan Dini dengan Buah Delima Alasan Mengapa Anda Harus Bersahabat Dengan Telur Alasan Mengapa Anda Harus Bersahabat Dengan Telur