MEETDOCTOR

Profile
Lung & Respiratory

Pencegahan Pneumonia

Pencegahan Pneumonia
Seseorang

Dokter, apa saya yang perlu dilakukan untuk mencegah timbulnya Pneumonia? Seberapa berbahayakah penyakit ini terhadap anak-anak ataupun orang dewasa? Terima kasih.

Answers

1 answers

  • Selamat Sore,

    Pneumonia adalah bahasa kedokteran untuk infeksi pada paru-paru. Infeksi paru-paru tentu menganggu salah satu fungsi vital bagi kehidupan yaitu pernafasan. Gangguan pernafasan yang berat dapat mengancam nyawa akibat terputusnya dan terganggunya supplai oksigen ke pembuluh darah dan otak.

    Selain itu pada tahap berat, pneumonia dapat menyebabkan infeksi menyeluruh (sepsis). Pada keadaan ini mikroorganisme yang menginfeksi paru-paru akan menyebar melalui pembuluh darah dan bisa menuju ke organ yang lain. Pada tahap ini sudah sangat sulit sekali untuk ditangani penyakinya.

    Jenis mikroorganisme yang menyebabkan pneumonia dapat berupa : virus, bakteri, atau jamur, dan protozoa. Saat ini banyak jenis imunisasi yang beredar untuk anak-anak; seperti imunisasi HIB(Haemophillus Influenza Type B) yang dapat membantu mencegah pneumonia akibat bakteri. Vaksin lain yang cukup marak digunakan saat ini seperti pneumococcal vaccine valent-13 (Prevnar13) juga dapat digunakan untuk imunisasi pada anak-anak. Selain jenis vaksin tersebut, juga banyak jenis vaksin yang baru-baru ini bermunculan dan dapat digunakan sebagai alat pencegahan pneumonia sesuai dengan agen penyebabnya.

    Semoga informasi ini bermanfaat, Salam.

Anda punya pertanyaan seputar Lung & Respiratory ?
Ask Doctor
Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Berikut sepuluh gejala sakit maag yang sering muncul. Sakit Maag, Ini Gejalanya Simak Tips mengajarkan anak berpuasa yang sehat dari dokter spesialis anak agar ibadah puasa di bulan Ramadan dapat berjalan lancar. Tips Mengajarkan Anak Berpuasa