Pendarahan Otak
on 31 Dec 2012

Pagi Dok,

Dok ayah saya setelah menjalan MRI otak, dianalisa mengalami subacute subdural blood clot di bagian kanan otak.
Setelah berkonsultasi dengan 2 dokter, kita sedikit kebingungan karena keduanya memberikan pendapat yang berbeda. Dokter pertama mengatakan ayah saya harus segera melaksanakan operasi otak untuk menyedot darah di otak kanannya dan kemungkinan darah yang ada di otak banyak sekitar +- 100 cc. Sedangkan dokter kedua mengatakan bahwa berdasarkan kondisi ayah saya yang sama sekali tidak terlihat lemah / pusing / kurang seimbang (benar2 seperti orang sehat biasa), dokter tersebut menyatakan tidak perlu dioperasi dan hanya diberikan obat supaya darah di otak tsb bisa terserap kembali, serta dia menyatakan bahwa darah yang terdapat di otak hanya sedikit +- 20 cc.
Saya sedikit bingung karena kedua dokter memakai referensi hasil MRI yang sama, tapi kesimpulan kedua dokter tersebut sangat berbeda dan malah bertolak belakang.

Bagaimana menurut dokter? Apakah yang harus kami lakukan? Kondisi ayah saya saat ini masih sehat dan ok. Apabila harus melakukan operasi, kemungkinan harus dilaksanakan di Jakarta dalam arti harus melakukan perjalanan udara. Apakah ini bisa berbahaya?

Seseorang
Solo

4 Answers

yang pertama harus dievaluasi ulang sebenarnya seberapa banyak perdarahannya. selain itu yang menentukan perlu operasi atau tidak juga keadaan pasien. Bila pasien sadar penuh, tidak ada sakit kepala, tidak ada muntah yang proyektil (menyemprot), tekanan darah juga cukup terkontrol, tentunya belum diperlukan operasi, hanya pasien ini harus tetap diobservasi di rumah sakit yang memiliki fasilitas craniotomi (bedah otak) karena bila perdarahan berlanjut bisa saja terjadi penurunan kesadaran dan sebagainya sehingga membutuhkan tindakan operasi segera. Setahu saya untuk operasi ini tidak perlu ke jakarta. di rumah daerah yang cukup besar juga biasanya bisa. Seperti yang anda katakan ayah anda sudah sampai pada pemeriksaan mri dan biasanya yang punya mri adalah rumah sakit yang besar.

Say Thanks
on 31 Dec 2012

Apakah aman untuk melakukan penerbangan udara dengan kondisi seperti ini dok?

Say Thanks
on 31 Dec 2012

Bila di daerah setempat sudah ada dokter bedah syaraf dan fasilitas untuk craniotomi saya rasa sebaiknya tidak perlu dibawa ke jakarta. dan saya rasa rumah sakit dengan fasilitas mri biasanya sudah ada fasilitas untuk craniotomi bila memang nantinya diperlukan.

Say Thanks
on 31 Dec 2012

Justru itu tidak ada Dok. MRI dilakukan di jakarta sebelumnya, dan setelah itu ayah saya sempat melakukan perjalanan udara balik ke daerah. Namun berdasar pendapat beberapa teman menghimbau kami sebaiknya jangan melakukan perjalanan udara lagi.

Say Thanks
on 31 Dec 2012
in partnership with