Pendarahan setelah suntik KB 3 bulan
44 weeks 5 days ago

Saya wanita berusia 26 tahun. Bulan Oktober 2013 saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. Kemudian pada tgl 11 November 2013 saya suntik KB 3 bulan dengan suntik Deponeo. Setelah itu dari tgl 26 November mulai keluar darah sampai sekarang. Seminggu pertama keluar banyak seperti haid. Setelah itu agak berkurang. Akhir-akhir ini hanya keluar jika malam. Pertanyaan saya dokter, apakah itu mestruasi atau pendarahan efek dari suntik KB? Apakah pendarahan spt itu berbahaya? Bagaimana cara mengatasinya karena saya merasa tidak nyaman jika terus mengalami pendarahan dan tidak tahu kapan berhentinya. Terima kasih.

Seseorang
Jakarta

1 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Dear,

Kemungkinan besar flek tersebut berasal dari efek samping pemakaian KB 3 bulan. Namun demikian, tidak tertutup kemungkinan bisa juga disebabkan oleh faktor penyebab lain seperti gangguan hormon atau adanya gangguan pada struktur kandungan. Untuk saat ini, yang paling baik adalah kontrol ke dokter kandungan untuk dipastikan bahwa tidak terjadi adanya gangguan pada struktur kandungan anda. Bila sudah dipastikan tidak ada gangguan struktur kandungan melalui USG, maka perdarahannya dapat dihentikan dengan pemberian obat hormonal oleh dokter kandungan.

Untuk kedepannya bila tidak nyaman dengan efek samping KB yang seperti itu, maka dianjurkan agar anda mengganti pemilihan kontrasepsi anda dengan jenis KB yang lain seperti suntik KB 1 bulan, pil KB, atau dengan IUD.

Terima kasih

Say Thanks
44 weeks 5 days ago
in partnership with