Profile
Menstruasi

Pendarahan setelah suntik KB 3 bulan

Pendarahan setelah suntik KB 3 bulan
Jakarta

Saya wanita berusia 26 tahun. Bulan Oktober 2013 saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. Kemudian pada tgl 11 November 2013 saya suntik KB 3 bulan dengan suntik Deponeo. Setelah itu dari tgl 26 November mulai keluar darah sampai sekarang. Seminggu pertama keluar banyak seperti haid. Setelah itu agak berkurang. Akhir-akhir ini hanya keluar jika malam. Pertanyaan saya dokter, apakah itu mestruasi atau pendarahan efek dari suntik KB? Apakah pendarahan spt itu berbahaya? Bagaimana cara mengatasinya karena saya merasa tidak nyaman jika terus mengalami pendarahan dan tidak tahu kapan berhentinya. Terima kasih.

Answers

1 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Dear,

    Kemungkinan besar flek tersebut berasal dari efek samping pemakaian KB 3 bulan. Namun demikian, tidak tertutup kemungkinan bisa juga disebabkan oleh faktor penyebab lain seperti gangguan hormon atau adanya gangguan pada struktur kandungan. Untuk saat ini, yang paling baik adalah kontrol ke dokter kandungan untuk dipastikan bahwa tidak terjadi adanya gangguan pada struktur kandungan anda. Bila sudah dipastikan tidak ada gangguan struktur kandungan melalui USG, maka perdarahannya dapat dihentikan dengan pemberian obat hormonal oleh dokter kandungan.

    Untuk kedepannya bila tidak nyaman dengan efek samping KB yang seperti itu, maka dianjurkan agar anda mengganti pemilihan kontrasepsi anda dengan jenis KB yang lain seperti suntik KB 1 bulan, pil KB, atau dengan IUD.

    Terima kasih

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Vagina adalah organ terpenting dalam tubuh wanita, karena bagian dari sistem reproduksi. Berikut cara merawat vagina agar tetap sehat dan bersih. Tips Menjaga Kebersihan Vagina Wanita dari Infeksi Perut Anda terasa lapar dan ingin segera makan? Jangan-jangan itu hanya sinyal palsu. Coba cara ini untuk mengenali sinyal lapar yang sesungguhnya Begini Cara Mengenali Sinyal Lapar