pengaruh ondansetron bagi wanita hamil
on 03 Oct 2012

dok saya sekarang hamil dengan usia kandungan sekitar 18 minggu dan usg terakhir menyatakan bahwa saya mengalami hamil kembar, yang saya mau tanyakan sampai sekarang saya masih mengalami muntah dan mual sehingga saya memutuskan untuk tetap mengkonsumsi ondansetron 4 mg. adakah efek obat tersebut terhadap kedua janin saya?mengapa saya masih merasa mual dan muntah walaupun usia janin saya sudah 18 minggu?

Seseorang
Indonesia

3 Answers

Dokter
Jakarta, Indonesia

Hai, selamat pagi.

Apakah keputusan minum obat ondansetron dari dokter atau dari Anda secara pribadi? Penggunaan ondansetron masih diperbolehkan, tetapi baiknya sesuai anjuran dokter. Hindari penggunaan tanpa resep dokter.

Mengenai masih mual, dapat saja dialami, karena tiap wanita berbeda-beda. Yang umum memang hanya dialami pada trimester pertama, tetapi juga dapat berlanjut ke bulan berikut.

Saya sarankan untuk mengurangi mual coba Anda minum air rebusan jahe. Juga dapat minum suplemen vitamin B6. Hindari juga aroma makanan yang menusuk.

Say Thanks
on 03 Oct 2012

Selamat siang,

Ondansetron diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil. Obat ini masuk dalam kategori B yang artinya masih dapat diterima penggunannya.

Morning sickness ini wajar sampai usia kehamilan 20 minggu.

Tetapi sebaiknya tetap kontrol ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan USG. Untuk menyingkirkan penyebab lain seperti contohnya hamil anggur.

Semoga membantu

Say Thanks
on 03 Oct 2012
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Surabaya

Ondansentron aman buat ibu hamil dan janinnya. Sebaiknya ibu jangan bergantung terus pada obat tsb. Memang secara teori mestinya sdh tdk mual. Mungkin ibu bisa mengatur dg tdk selalu minum obat tsb.

Say Thanks
on 03 Oct 2012
in partnership with