MEETDOCTOR

Profile
Eye & Vision Health

Pengaruh Pada Mata Minus Ketika Kita Tidak Memakai Kacamata

Pengaruh Pada Mata Minus Ketika Kita Tidak Memakai Kacamata
izza
Yogyakarta

selamat sore dok , saya mau tanya . mata saya minus dan sudah memakai kacamata , tp saya memakai nya hanya pada saat butuh saja, ketika di rumah saya jarang memakai. apakah sebaiknya kacamata itu di pakai terus ya dok ? lalu ada pengaruh nya ( minus bertambah ) tidak dengan mata apabila saya memakai kacamata nya hanya jarang ? harus berapa bulan sekali saya ganti kacamata ? Terima Kasih :)

Answers

4 answers

  • Selamat siang,

    Silakan saja, anda boleh melakukan kebiasaan tersebut. Terdapat beberapa pendapat ahli yang memang menganjurkan demikian.

    Bertambahnya minus bukan diakibatkan oleh karena tidak memakai kacamata, tapi diakibatkan oleh kebiasaan penglihatan yang dilanjutkan walau sudah memakai kaca mata seperti : membaca / menonton / bermain video game dari jarak yang terlmapau dekat dan dalam jangka waktu yang terlalu lama tanpa istirahat.

    Normalnya, rata-rata penderita mata minus dapat bertambah minusnya 0,25 - 1.00 per tahun. Hingga suatu saat minusnya akan tetap atau bahkan berkurang di usia 35-40 tahun (Akibat proses penuaan yang cenderung membuat mata menjadi plus /rabun dekat).

    Mata anda dapat mentoleransi perbedaan antara visus (tajam penglihatan) mata dan kaca mata hingga perbedaan 0,5 dioptri. Apabila selisih visus dan lensa kaca mata sudah lebih dari 0,5 dioptri, maka dapat dipertimbangkan untuk diganti.

    Semoga membantu. Terima kasih.

  • izza izza User

    Terima Kasih dok,

    Apabila saya mengurangi kebiasaan seperti membaca, menonton TV dll , itu bisa mengurangi minus pada mata atau tidak dok ? dan sebelum ganti kacamata perlu atau tidak untuk melakukan kir mata lagi ?

  • Sebelum ganti kacamata, tentu harus dilakukan pemeriksaan visus terlebih dahulu.

    Kemungkinan untuk minusnya berkurang tetap ada apabila anda mengurangi kebiasaan-kebiasaan yang dapat memperberat minus tersebut.

  • izza izza User

    Oke , terima kasih dok :)
    tapi selain itu saya juga menderita sakit Radang Mata pertama kali setahun yg lalu , mata memerah dan timbul benjolan kecil di bagian mata yang berwarna putih , setelah setahun ini , dan pada saat ini sedang kambuh lagi , kemarin sudah periksa dan dokter nya mengatakan kalau say alergi debu dan angin malam yang menyebabkan mata menjadi merah , di sertai gatal dan benjolan bertambah besar. yang ingin saya tanyakan , untuk jangka panjang nya apakah penyakit tersebut berbahaya dok ? dan perlu operasi atau tidak untuk menghilangkan benjolan tersebut jika mata sering mengalami peradangan ?

    Terima Kasih,

Anda punya pertanyaan seputar Eye & Vision Health ?
Ask Doctor
Kesemutan biasa muncul pada tangan, kaki dan telapak kaki. Berikut ini beberapa penyebab kesemutan. Di Balik Gejala Kesemutan Simak Tips mengajarkan anak berpuasa yang sehat dari dokter spesialis anak agar ibadah puasa di bulan Ramadan dapat berjalan lancar. Tips Mengajarkan Anak Berpuasa