x
Meetdoctor Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah
Layanan Meetdoctor libur sementara mulai tanggal 26 Juli 2014, hingga 3 Agustus 2014.
penyakit apakah ini,?
on 28 Jul 2012

pagi dok..
sudah hampir satu tahun, saya menderita seperti ada infeksi lambung,
setiap saya BAB. sangat banyak pendarahan yg keluar dok.
apakah ini benar infeksi?
apakah bisa sembuh dgn tanpa operasi?

denisaputra
tangerang

2 Answers

Selamat siang,

Apa warna darah yang keluar? Hitam atau merah segar? Apakah setiap BAB disertai darah merah segar yang menetes? Bagaimana buang air besarnya, apakah keras?

Perdarahan saluran cerna ada 2 :
-Ada yg berasal dari saluran cerna bagian atas : biasanya dari lambung dan usus 12 jari. Warnanya hitam seperti ter.
-Berasal dari saluran cerna bagian bawah : usus halus, usus besar, rektum, dan anus. Biasanya berwarna merah segar.

Say Thanks
on 28 Jul 2012

Dear Deni,

Pertama-tama saya ingin bertanya ttg perdarahan yg dimaksud. Apakah darahnya berwarna hitam seperti kopi? Ataukah merah segar?

Jika berwarna hitam seperti kopi (melena), itu biasanya disebabkan oleh perdarahan saluran cerna bagian atas (terbanyak ada ulkus lambung akibat iritasi lambung kronis atau pecahnya varises esofagus). Feses berwarna hitam karena bercampur darah yang mengandung besi yg teroksidasi dengan bantuan bakteri di usus.

Jika perdarahannya berwarna merah segar, biasanya disebabkan o/ perdarahan saluran cerna bawah, paling sering hemoroid (wasir) yg pecah, meskipun tidak tertutup kemungkinan berasal dari perdarahan hebat saluran cerna atas.

Orang dengan melena sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk kemudian dilakukan pemeriksaan lebih lanjut (endoskopi) untuk melihat perlukaan pada lambung.

Sedangkan jika memiliki hemoroid, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter bedah digestif, untuk kemudian dilakukan tindakan. Tindakan ini ada beberapa macam, misalnya, ligasi (pengikatan pembuluh darah), skleroterapi (perusakan pembuluh darah), atau operasi, tergantung dari kondisi anda.

Semoga membantu.

Say Thanks
on 28 Jul 2012
in partnership with