Profile
Alergi

Penyebab Gatal dan Bentol Pada Kulit?

Penyebab Gatal dan Bentol Pada Kulit?
Bandung

Saya laki-laki 24th. Saya mau tanya, setahun belakangan, selangkangan saya gatal2 dan berbekas hitam. Saya belum pernah memeriksakan kondisi saya ke dokter, namun saya selalu menggunakan salep kulit atau beda anti gatal. Beberapa bulan ini kulit saya sering terasa gatal sekali dan bentol-bentol saat saya suhu badan saya panas atau saat kedinginan. Padahal tidak pernah terjadi sebelumnya dan saya tidak mempunyai alergi terhadap dingin. Apakah gatal-gatal dikulit saya karena pengaruh gatal-gatal diselangkangan, karna perubahan cuaca atau ada penyebab lain? Saya mohon pengarahannya. Terima kasih.

Answers

6 answers

  • dr. Alan Goni dr. Alan Goni Dokter Umum

    Dari cerita Anda, kedua keluhan tidak berhubungan. Di selangkangan lebih mengarah karena jamur, sedangkan yang kedua dapat saja karena reaksi alergi tertentu. Saran saya, periksakan ke dokter kulit (Sp.KK) untuk mengetahui pasti dan mendapat penanganan tepat.

  • Selamat sore,

    Jika saat timbul dingin muncul bentol2, kemungkinan memang anda alergi dingin.

    Untuk daerah selangkangan anda kemungkinan bisa disebabkan infeksi jamur. Tetapi sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis kulit.

    Semoga membantu

  • dok klo cara memutihkan selangkangan dan ketiak yg hitam gmna..?

  • saya perempuan 26 tahun. saya biduran sdh 3 bln lebih, jadi setelah meminum obat alergi (cetirizine) sembuh, tp 3-4 hari kemudian timbul biduran lg, yg mau saya tanyakan, bagaimana mengobati biduran saya supaya tidak kambuh lg? Terimakasih.

  • kenapa pertanyaan saya belum dijawab???

  • Selamat siang,

    Bentol atau biduran dalam istilah medis disebut urtikaria. Urtikaria adalah kelainan atau lesi pada kulit yang berbatas tegas dan menimbul atau bentol, berwarna merah, memutih bila ditekan dan terasa sangat gatal.

    Urtikaria dapat terjadi secara tiba-tiba dan kemudian menghilang ini yang disebut dengan urtikaria akut sedangkan urtikaria yang sering timbul berulang dan lama sembuhnya disebut sebagai urtikaria kronik.

    Urtikaria dapat terjadi melalui mekanisme imunitas dan non imunitas. Mekanisme imun seperti karena alergi terhadap suatu benda yang disentuhkan pada kulit, alergi makanan, dsb dapat menimbulkan reaksi urtikaria. Sedangkan mekanisme non imun dapat disebabkan oleh faktor fisik seperti cahaya, dingin, gesekan/tekanan, panas dan getaran, latihan jasmani (exercise), faktor psikis (stress), dll.

    Biduran atau urtikaria sebagian besar tidak memerlukan pengobatan khusus. Gejala ini biasanya akan menghilang dalam beberapa hari. Jika terasa sangat mengganggu, obat antihistamin bisa digunakan untuk mengatasi rasa gatalnya.

    Namun, bila keluhan Anda telah berulang dan mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Sedangkan untuk mencegah terjadinya biduran kembali yakni dengan menghindari penyebab (pencetus alergi).

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor
    Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Anda punya pertanyaan seputar Alergi ?
Ask Doctor
4 Cara Alami dan Ampuh Samarkan Selulit 4 Cara Alami dan Ampuh Samarkan Selulit Salah Kaprah Pil KB yang Bisa Merugikan Salah Kaprah Pil KB yang Bisa Merugikan