Profile
Tulang, Sendi dan Otot

Penyebab naik betis

Penyebab naik betis
Jakarta

Pagi dokter-dokter, Saya wanita, 24 thn. Mau tanya sebenarnya apa penyebab naik betis? Apakah karena salah sepatu? Apa karena kurang jalan? Padahal saya ke kantor sudah pakai sepatu dengan hak karet (bukan highheels, bukan flatshoes, bukan wedges). Sudah dua hari ini saya terbangun karena kaki saya naik betis, uratnya seperti ditarik-tarik dan sakit. Apa pencegahan dan pengobatannnya dok? Terimakasih.

Answers

1 answers

  • Halo, selamat pagi.

    Mungkin yang Anda maksud adalah terjadi kram pada otot betis. Terjadi kontraksi (tarikan) pada otot betis yang menimbulkan rasa nyeri. Umumnya, dapat terjadi pada malam hari, ketika tidur, atau pun terbangun tidur.

    Apakah Anda mengalami gejala lain? Apabila tidak ada gejala lain, umumnya penyebab dari kram betis ini idiopatik (tidak diketahui). Umumnya, karena otot yang mengkerut sewaktu tidur dirangsang sehingga mengalami tarikan (kontraksi), misalnya apabila sedang tidur dalam posisi kaki tertekuk, lalu tiba-tiba ingin meluruskan kaki.

    Kram otot bisa saja disebabkan oleh hal-hal lain, misalnya kekurangan komponen elektrolit, dehidrasi, gangguan hormon, dan lain-lain; tetapi seperti yang sudah disebutkan diatas, apabila tidak ada gejala lain, kemungkinan besar penyebabnya tidak diketahui.

    Lakukan gerakan pelemasan atau pun pemijatan pada area tersebut untuk pencegahan dan pengobatan. Usahakan juga agar ada yang menyangga kaki Anda pada saat tidur dengan posisi telentang, misalnya dengan bantal.

Anda punya pertanyaan seputar Tulang, Sendi dan Otot ?
Ask Doctor
Mungkin Anda penasaran seberapa normal kehidupan seks Anda? Cek 10 tanda hubungan seks yang sehat ini. 10 Tanda Anda Memiliki Kehidupan Seks Yang Sehat Diet ketogenik adalah diet yang memperbanyak konsumsi lemak dan mengurangi konsumsi karbohidrat dan protein. Ada kelebihan dan kekurangand dari diet ini. Efektifkah Menurunkan Berat Badan dengan Diet Ketogenik?